Bersama Warga Desa Ponggang Kodim 0605/Subang Tanam 1000 Pohon

Dandim 0605/Subang Letkol (Czi) Irsad Wilyarto S. Ip

KBRN, Subang: Kodim 0605/Subang menanam 1000 pohon, di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cidomas, yang merupakan hulu dari aliran sungai Cilamaya, di Desa Ponggang Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang, Sabtu (15/1/2021). 

Dandim 0605/Subang Letkol (Czi) Irsad Wilyarto, S.I.P mengatakan, penanaman 1000 pohon ini, sebagai upaya melestarikan, dan menjaga alam, sekaligus sebagi upaya mitigasi bencana alam, berupa longsor, banjir bandang dan banjir Pantura. 

"Penanaman 1000 pohon ini, sebagai wujud kepedulian TNI dari Kodim 0605/Subang, terhadap kelestarian, dan menjaga alam, agar tetap lestari, sekaligus menjadi upaya TNI, dalam mitigasi bencana alam," ujar Letkol Irsad kepada RRI di Subang, Sabtu (15/1/2022).

Dandim juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepada Kepala desa, dan seluruh warga Ponggang Kecamatan Sagalaherang, dan juga Dinas Lingkungan Hidup, serta elemen lainnya,  yang telah ikut membantu, dan bersama-sama dengan TNI dalam melaksanakan penanaman 1000 pohon ini.

”Kami sangat berterimakasih kepada pak Kades Ponggang, Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang pak Agus Saepulah, dan juga Jajaran Pengurus Pordas Cilamaya, Danramil Sagalaherang, dan rekan-rekan dari jajaran perangkat Desa Ponggan g yang ikut membantu kegiatan hari ini,” ucapnya.

Irsad mengatakan, dengan adanya penanaman pohon di pinggir sungai Cilamaya ini, sangat membantu untuk mengurangi adanya dampak banjir untuk di wilayah Pantura, mungkin dampak tersebut tidak dalam waktu dekat.

”Bisa satu bulan kedepan, satu tahun kedepan manfaat dari penanaman pohon ini,” tandas Dandim.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Ponggang Asep Suryana, S.P, menyampaikan rasa syukurnya, karena kegiatan ini berjalan lancar.

”Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar meskipun akses jalan untuk ke lokasi masih licin, tapi kami tetap menjalankan kegiatan penanaman,” ujar Asep.

Ia mengungkapkan, selaku Kepala desa Ponggang menyampaikan banyak terima kasih, atas kehadiran Dandim 0605 Subang, beserta Danramil Sagalaherang, yang ikut serta menanam pohon di DAS Cidomas Desa Ponggang.

”Semoga kedepan bisa bermanfaat mengurangi dampak banjir, untuk wilayah Subang Pantura,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang Agus Saepulloh menyatakan, pihaknya mengpresiasi apa yang sudah dilakukan Dandim 0605 Subang, yang sudah memberikan support, sekaligus mengajak kepedulian semua pihak, dalam menjaga Tata Kelola Lingkungan yang baik, dari hulu sampai hilir.

”Terimakasih buat rekan rekan penggiat lingkungan Sagunung Samaung, FORDAS Cilamaya, dan Pemerintah Desa Ponggang Kecamatan Serangpanjang, yang sudah mengajak seluruh warga masyarakatnya, untuk menanam pohon di sepanjang Daerah Aliran Sungai Cilamaya,” ujar Agus.

”Sebuah bukti keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, dan forkopimda dalam mendukung program penanaman sejuta pohon, yang di gagas oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar