Menyoal Hak Kesetaraan Akses Pekerjaan Disabilitas, Ketua NPCI Jabar Minta Diperdakan

KBRN, Bandung: Penyandang disabilitas belum sepenuhnya mendapatkan hak yang setara dalam mengakses pekerjaan.

Padahal, hak memperoleh pekerjaan telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Terkait hal itu, Ketua National Paralympic Commite of Indonesia (NPCI) Jawa Barat Supriatna Gumilar meminta pemerintah daerah membuat Perda yang mengatur kesetaraan lapangan kerja bagi Disabilitas.

Dengan adanya regulasi yang mengatur lapangan kerja bagi disabilitas baik di pemerintahan maupun swasta, dikatakan Supriatna, dapat menjadi motivasi bagi Disabilitas.

"Saya ingin di Perdakan, untuk menjadi bagian motivasi bagi penyandang disabilitas bersekolah. Untuk berpendidikan sampai tingkat kuliah atau apapun untuk menyetarakan kesederajatan untuk melamar pekerjaan. Tapi kalau tidak dikasih peluang, mereka akan bermalas-malasan, buat apa sekolah,"ucap Ketua NPCI Jabar Supriatna Gumilar disela peringatan hari Disabilitas, Jumat (3/12/2021).

Supriatna optimis, apabila kebijakan kesetaraan  pekerjaan bagi disabilitas di buka,  penyandang disabilitas bersemangat untuk belajar.

Ia juga menambahkan, keberadaan penyandang disabilitas pun harus terekspos. Dengan banyaknya kegiatan yang melibatkan disabilitas, ia yakin pemerintah maupun lainnya semakin memperhatikan Disabilitas.

NPCI Jawa Barat sendiri membuktikan keberadaannya selain dengan prestasi yang diraih pada Peparnas XVI Papua, juga menggelar kegiatan peringatan Disabilitas yang dihadiri oleh para petinggi dan pemangku kebijakan.

"Mudah-mudahan semua mata melihat, disabilitas menggelar acara besar ini tanpa meminta biaya dari siapapun. Itulah kunci keberhasilan kita, asal ada kemauan,"tegas dia.

"NPCI Jawa Barat siap jadi pelopor,"pungkas dia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar