Dinkes Subang Waspadai Varian Baru Covid-19 Jenis Omicron

Kadinkes Subang dr. Maxi

KBRN, Subang: Dinas Kesehatan Kabupaten Subang mewaspadai adanya varian baru covid-19 jenis Omicron, yang penyebarannya lima kali lebih dahsyat dari jenis virus lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dr. Maxi mengungkapkan, sampai sejauh ini terkait varian baru covid-19 jenis omicron ini, WHO sudah merillis ada 7 negara tidak termasuk Indonesia.

"Meski Indonesia tidak termasuk dalam rillis yang dikeluarkan WHO, tentang varian batu covid-19 jenis omicron ini, namun setidaknya kewaspadaan perlu kita tingkatkan. Karena penularan varian baru ini, lima kali lebih dahsyat penyebarannya, dibandingkan dengan jenis virus corona, yang pernah ada saat ini," ujar dr. Maxi kepada RRI, Selasa (30/11/2021).

Kadinkes berharap, Satgas Penanganan Covid-19 Pusat, bisa menanggulanginya, dengan cara memproteksi pintu masuk dari laut dan udara, atau setiap yang datang ke Indonesia, baik yang melalui laut maupun udara.

"Setidaknya, bagi yang datang ke Indonesia, baik yang melalui pintu laut maupun darat, agar dikarantina terlebih dahulu sesuai demgan protap prokes yang berlaku," imbuhnya.

Sementara itu, upaya yang dilakukan oleh Satgas tingkat Kabupaten khususnya di Subang lanjut Maxi, pihaknya akan menggiatkan kembali yang namanya survelien.

"Setiap penyakit isfa, akan kita periksa tidak hanya positif atau negatif, yang bekerjasama dengan RSUD Ciereng, untuk mengambil sample genom apa yang ada di dalam itu," tegas Maxi.

Ia menghimbau, pencegahan yang paling efektif bagi masyarakat agar tidak terkena varian baru covid-19 jenis omicron tersebut yaitu, selalu gunakan masker, dan vaksinasi.

"Kunci utamanya agar kita tidak tertular vatian baru yang dahsyat itu, yaknj dengan selalu menggunakan masker dan sudah di vaksin itu saja," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar