Pemprov Jabar Tetapkan Tanggap Darurat Banjir Bandang Garut

KBRN, Bandung : Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menetapkan status tanggap darurat banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut.

Uu mengatakan, pihaknya telah menyiapkan solusi, diantaranya perbaikan jembatan, dan fasilitas umum, serta membuat sodetan, untuk mengantisipasi kejadian serupa terjadi kembali di masa yang akan datang.

"Agar penanganannya cepat, pemerintah tetapkan tanggap darurat," kata Uu kepada RRI, Minggu (28/11/2021).

Uu mengapresiasi apa yang dilakukan warga setempat. Warga kata Uu, guyub bersama- sama membersihkan rumah secara gotong royong.

"Tidak hanya rumah, mesjid juga menjadi prioritas untuk dibersihkan. Sehingga bi kembali dipergunakan untuk ibadah," ucapnya.

Sedangkan dalam kunjungannya di lokasi banjir bandang, Wagub juga menyerahkan bantuan pemerintah provinsi Jawa Barat kepada warga.

Sementara itu, sebelumnya akibat curah hujan tinggi, sungai Ciloa di Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut meluap, Sabtu (27/11/2021). Ketinggian air yang melebihi 1,5 meter ini, menyeret material dan merusak rumah warga. Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar