Bupati Tandatangani MoU SGF Korsel Soal Pengolahan Sampah di Subang

Bupati Subang Ruhimat

KBRN, Subang: Bupati Subang H. Ruhimat menandatangani nota kesepahaman kerjasama, antara Saemul Globalization Foundation (SGF), dengan pemerintah daerah Kabupaten Subang, di Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Subang, Sabtu (27/11/2021).

Kegiatan nota kesepahaman tersebut, dalam rangka kerjasama Pemkab Subang, dan SGF. Sekaligus penyerahan bantuan 5 unit Dump Truck, sebagai sarana pengangkut sampah kepada 5 Desa di Kabupaten Subang, yaitu Desa Balimbing Kecamatan Pagaden Barat, Desa Sukareja  Kecamatan Sukasari, Desa Kertajaya Kecamatan Tambakdahan, Desa Gunungtua, Kecamatan Cijambe, dan Desa Wantilan Kecamatan Cipendeuy.

Direktur SGF Mr. Seunghoon Hong menyampaikan, bahwa SGF dan Pemda Subang telah menjalin kerjasama selama 5 tahun lamanya. Kerjsama tersebut adalah, kerjasama program pengelolan sampah di 1 desa percontohan yaitu desa Tanjungwangi. 

"Dengan adanya dukungan dari Pemkab Subang, akhirnya SGF, mengembangkan pengelolaan lingkungan untuk di 5 desa," ujar Mr. Seunghoon Hong kepada RRI di Subang, Jumat (27/11/2021).

Dirinya menyampaikan bahwa pembangunan TPS 3R di 5 desa itu, akan selesai pada Bulan Desember mendatang.

"Pembangunan TPS 3R nya direncanakan selesai, pada Desember 2021 nanti," terangnya.

Sementara itu Bupati Subang Ruhimat menyampaikan, rasa bangga dan terima kasihnya kepada SGF. Dirinya juga menyampaikan ucapan selamat kepada 5 desa atas bantuan TPS 3R yang telah diberikan. 

"Bahwa program kerjasama ini, akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi Kabupaten Subang. Terutama dalam hal permasalahan sampah, yang sampai saat ini masih menjadi polemik," ucap Ruhimat.

Bupati berharap, kerjasama yang telah terjalin tidak berakhir sampai di sini, tetapi terus berkesinambungan. Karena permasalahan sampah ini, akan terus ada. Terlebih kedepan Patimban dan kawasan industri, akan menjadi tantangan.

"Saya berharap, dampak atas program tersebut dapat merubah mindset, moral, serta mental masyarakat, mengenai pengelolaan sampah yang positif," tegasnya.

Ia berpesan, kepada para kepala desa, untuk selalu menjaga apa yang telah diberikan.

“Nitip ke kepala desa, tolong jaga dan rawat dengan baik,” pungkas Bupati Ruhimat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar