Banjir Bandang Terjang Puluhan Rumah di Sukawening Garut

KBRN, Garut : Sedikitnya 38 rumah warga dan fasilitas umum seperti masjid dan musholla tersapu oleh terjangan banjir bandang yang terjadi di Mekarwangi Kecamatan Sukwening Garut yang terjadi pada Sabtu sore tadi (27/11/2021). Selain itu ada beberapa desa lainnya yang terdampak banjir bandang akibat luapan Sungai Citameng dua, yakni di Kampung Ciloa, Desa Sukamukti, dan Desa  Mekarluyu, Sukawening Garut.

"Selain di Desa Kami Mekarwangi ,ada puluhan rumah warga lainnya yang terdampak banjir bandang kiriman dari Desa Caringin atas yang mengalir melalui sungai Citaming," kata Kepala Desa Mekarwangi, Kecamatan Sukawening Garut, Sani saat dihubungi, Sabtu (27/11/2021).

Menurut Sani, banjir bandang akibat tingginya curah hujan dan mengalir ke sungai Citameng yang dipenuhi sampah hingga meluap dan menerjang pemukiman warga.

"Sungai Citameng tersebut dipenuhi sampah saat banjir bandang kiriman dari Desa Caringin atas tersebut hingga meluap dan menyampu puluhan rumah warga disejumlah Desa di Kecamatan Sukawening Garut," jelasnya.

Hingga saat ini seluruh unsur Forkopimdes dari sejumlah Desa di Kecamatan Sukawening bersama Forkopimcam masih melakukan evakuasi terhadap rumah warga yang terdampak.

"Selain melakukan evakuasi seluruh aparat Desa dan Kecamatan termasuk Dinas terkait masih melakukan pendataan terhadap rumah warga, faslitas umum lainnya yang terdampak banjir," katanya.

Hingga saat ini belum ada laporannya adanya korban jiwa akibat banjir bandang tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar