Momentum Sumpah Pemuda, Pemuda Bangkit Melawan Covid

Wabup Subang Agus Masykur Rosyadi Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda Di Halaman Kantor Bupati Subang, Kamis (28/10/2021).

KBRN, Subang:  Wakil Bupati Subang yang akrab di sapa Kang Akur menyampaikan, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 mengusung tema "Bersatu, Bangkit dan Tumbuh".Artinya memiliki, makna semangat persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia. Tema ini juga menjadi semangat partisipasi pemuda untuk bangkit melawan pandemi COVID-19, demi mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan.

"Saya tekankan para generasi muda hendaknya adaptif, memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan, dan unggul dalam menghadapi persaingan global demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik," ujar Kang Akur di sela-sela upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Halaman Kantor Pemkab Subang, kamis ( 28/10/2021).

Kang Akur mengungkapkan, Kabupaten Subang memiliki 63 persen pemuda dari jumlah penduduk, mereka menjadi harapan besar bagi kemajuan Subang dalam pengelolaan sumber daya alam secara modern, dan efektif, serta mempersiapkan Subang di era industrialisasi di masa depan.

"Dari 63 persen pemuda Subang ini, kemajuan Subang kedepan ada di pundak para pemuda harapan bangsa," imbuhnya.

Pencapaian penanganan covid-19 ini menjadi momentum bangsa Indonesia segera bergerak tumbuh secara ekonomi, khususnya dalam upaya membangkitkan ekonomi pemuda. Dalam hal ini Pemkab Subang terus mendorong tumbuhnya wirausaha muda, baik dalam hal penumbuhan minat, pemberian bantuan, termasuk wirausaha berbasis perguruan tinggi dan pesantren, sampai pada apresiasi wirausaha berprestasi.

Kang Akur menginginkan pemuda Subang bangkit dari keterpurukan akibat pandemi, dan turut aktif menggerakan pertumbuhan ekonomi khususnya di Kabupaten Subang.

“Buang rasa malas, karena memelihara kemalasan sama dengan mempertahankan kemiskinan. Salam Pemuda!” Tutup Kang Akur.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan dan apresiasi kepada para pemuda  berprestasi megharumkan nama Kabupaten Subang di berbagai bidang, di antaranya, Kejuaraan Petanque Open 2021 Tingkat Jawa Barat, Mojang Jajaka Jawa Barat, Youth Camp PPMI Jawa Barat, Senam Tingkat Jawa Barat, dan para atlet Subang peraih medali PON XX Papua.

Di kesempatan yang sama dilaksanakan penandatanganan deklarasi bersama pentahelix ABCGM (Akademisi, Dunia Usaha, Komunitas, Pemerintah, & Media) yang diselenggarakan oleh Komisi Penanggulangan Aids Kabupaten Subang untuk  mewujudkan ‘Ending Three Zero’ di Jawa Barat, yaitu upaya  pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS agar tidak terjadi lagi kasus baru HIV dan kematian akibat kondisi AIDS, serta tidak ada lagi stigma diskriminasi terhadap ODHA maupun OHIDHA. Deklarasi ini ditandangani dari unsur akademisi oleh Universitas Subang, dunia usaha oleh BJB Subang, Komunitas Warga Peduli AIDS Desa Kotasari, dan Galamedia.

Turut hadir di acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Kapolres Subang, Kejari Subang, Ketua DPRD Kabupaten Subang, Danlanud Suryadarma, Danyon 312 Kala Hitam, dan Kepala Perangkat Dinas se-Kabupaten Subang.

Peserta upacara terdiri dari perwakilan ASN di Lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Subang, BPBD, Linmas, Satpoldamkar, Dinas Perhubungan, dan organisasi kepemudaan di Kabupaten Subang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00