Sambangi BPTJ, Kadishub Jabar Bahas Berbagai Masalah

KBRN, Bandung: Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perhubungan Jawa Barat melakukan pertemuan dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementrian Perhubungan RI.

Dalam pertemuan itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jawa Barat Koswara, diterima langsung oleh Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub Polana B Pramesti,  di Jakarta, Rabu (27/10/2021).

Kadishub Jabar Koswara dalam pertemuan itu menyampaikan pentingnya sinkronisasi program. Mengingat posisi strategis Bodebek sebagai bagian dari Pusat Kegiatan Nasional (PKN) yang ada di wilayah Jawa Barat.

Selain itu juga dibahas solusi untuk mengurai berbagai permasalahan yang  menjadi pekerjaan rumah (PR) bersama, diantaranya kepastian pengelolaan terminal tipe B Cikarang, sesuai dengan Perpres nomor 60 tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang Kawsan Perkotaan Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, Bekasi, Puncak dan Cianjur. Dalam Perpres tersebut, terminal tipe B Cikarang akan di-upgrade menjadi terminal tipe A.

Kemudian dibahas juga permasalahan terminal Kota Bekasi yang sudah ditetapkan sebagai terminal tipe A, namun dalam pengelolaannya masih sebagai terminal tipe C. Pemerintah Kota Bekasi sudah merencanakan pemindahan lokasi terminal, namun terbentur kesiapan lahan.

Pembahasan lainnya yakni terkait  pengembangan transformasi masal (MRT) trase East West ( Balaraja - Jakarta - Cikarang), yang akan dibangun dalam 2 phase. Pengembangan akan dimulai pada tahun 2023.

"Jawa Barat mengusulkan penambahan lingkup pada phase 1, yang awalnya sampai Ujung Menteng (Cakung Jakarta Timur), dimohonkan berakhir di Medan Satria Kota Bekasi. Terhadap hal ini dukungan dari BPTJ sangat diharapkan,"ucap Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jawa Barat Koswara.

Selain itu, rencana penataan lalulintas dan angkutan di persimpangan  Ciawi Bogor dan pengembangan dermaga Muara Gembong Kabupaten Bekasi juga di bahas dalam pertemuan tersebut.

“Semoga kunjungan kerja ke BPTJ hari ini mempererat silaturahmi dan sinergitas,  agar sinkronisasi program antara provinsi dan pusat khususnya di Jabodetabek dapat berjalan sesuai rencana dan lancar,” pungkas Kadishub Jabar Koswara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00