FKUB Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Kamtibmas

KBRN, Bandung: Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Barat mengajak masyarakat Jawa Barat untuk tetap menjaga kondusifitas kamtibmas serta meningkatkan kewaspadaan terhadap upaya kelompok maupun oknum yang ingin memperkeruh suasana ditengah pandemi saat ini, khususnya dalam perayaan Idulfitri dan Kenaikan Isa Al Masih.

Ketua FKUB Jawa Barat Rafani Achyar didampingi Romo Agustinus Sugiharto dari Keuskupan Bandung serta PDT. Paulus Wijono dari PGI Jabar mengatakan, pada tahun ini perayaan Idulfitri berbarengan dengan perayaan Isa Al Masih. 

"Sungguh merupakan momentum yang penuh makna, bila perayaan keagamaan dari dua agama besar di dunia yakni Islam dan Kristen dapat berlangsung dalam satu hari yang sama,"ucapnya di Kota Bandung, Selasa, (11/5/2021).

Ditambahkan Rafani, momentum penuh makna itu karena berlangsung dalam suasana keprihatinan yang sama karena berlangsung ditengah ancaman pandemi Covid-19 yang belum mereda. 

"Kami mengingatkan bahwa tugas umat beragama adalah menangkap pesan Agung dari dua perayaan agama, untuk bersama-sama membangun kerukunan, baik dengan pemerintah, antar umat bergama dan lainnya,"ucap dia.

Ini ajakan FKUB Jawa Barat.

1. Kepada Saudara-saudara kami kaum Muslimin yang merayakan Idulfitri 1442 H, rayakanlah dengan penuh kekhususan, penuh kedamaian untuk memperekat taki silaturahmi antar keluarga, kerabat tetangga serta antar sesam kaum Muslimin dengan  tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Harapan yang sama juga kami sampaikan kepada saudara-saudara kami umat Nasrani yang sedang merayakan hari Kenaikan Isa Al Masih.

2. Baik perayaan Idulfitri mauoun perayaan Kenaikan Isa Al Masih, selayaknya kita gunakan sebagai momentum  untuk menguatkan tali persaudaraan antar umat beragama dan antar seaama anak bangsa. Mari kita jalin silaturahmi sehingga terwujud Ukhuwwah Insaniyah (Kemanusiaan) dan Ukhuwwah Wathaniyah (Kebangsaan) yang harmonis  di wilayah Jawa Barat khususnya di Indonesia pada umumnya.

3. Kepada para tokoh agama, kami menghimbau untuk membimbing para umatnya agar dapat mengamanlkan keseluruhan ajaran agamannya secar berlebih kualitatif dan bermakna , tidak hanyapada tingakat individual tetapi juga sampai pada tataran sosial hingga terjalin harmoni yang indah ditengah kehidupan masyarakat majemuk ini. Dengan demikian agama akanmenjadi cahaya penerang dalam seluruh aktifitas keseharian yang mencakup bahwabsemua aspek kehidupan mampu menjadi  sumber etika sosial dan dapat membangkitkan kepedulian etis dan kejujuran pemeluknya.

4. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga dan memelihara kondusifitas yang sudah terbangun dengan baik di Jawa Barat, meningkatkan kewaspadaan terhadap upaya upaya yang ingin mengeruhlan suasana di tengah pandemi Covid-19 dan perayaan Idulfitri serta perayaan Isa Al Masih 

5. Kepada pemerintah khususnya aparat keamanan yang sedang bertugas mengatur larangan mudik lebaran di jalan raya, kami memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas pengabdian yang cukup melelahkan. Namun demikian kami tetap berharap agar mengedepankan sikap sabar dan bijaksana dalam menerapkan  peraturan  tentang larangan mudik kepada masyarakat yang sudah terlanjur mengadakan perjalanan mudik tahun ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00