Odong-odong di Jalan Raya, Langgar Aturan Lalulintas

Kasat Lantas Polres Subang AKP Luvky Martono (Foto Ruslan Effendi/RRI)

KBRN, Subang: Polres Subang menghimbau pemilik, sopir dan juga penumpang kendaraan odong-odong, agar tidak menggunakan kendaraan tersebut, sebagai sarana, atau alat transportasi di jalan raya.

Karena menurut Kasat Lantas Polres Subang AKP Lucky Martono,  sangat membahayakan keselamatan penumpang, dan pengguna jalan lain.

"Kami Satlantas Polres Subang menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Subang, khususnya pemilik, sopir dan penumpang dilarang menggunakan kendaraan odong-odong, sebagai alat trasportasi umum, karena bukan tipe dan peruntukannya," ujar AKP Lucky kepada RRI di Subang, Jumat (19/8/2022).

Kendaraan odong-odong tersebut lanjut Kasat Lantas, bukan peruntukannya untuk dipergunakan sebagai sarana transportasi umum. Sehingga ditegaskan Lucky, bisa di sebut  dengan kejahatan lalu lintas.

"Karena bukan peruntukannya, maka kendaraan jenis odong-odong itu, dikatagorikan sebagai kejahatan lalu lintas," terangnya.

Pemilik, dan sopir dikatakan Lucky, bisa di jerat dengan pasal 277, junto pasal 285 ayat 1 dan pasal 286 Undang-undang nomor 22 tahun 2009, tentang lalu lintas.

"Ancamannya 1 tahun penjara, atau denda maksimal Rp24 juta," tandas Kasat Lantas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar