Kapolres Purwakarta Ajak Masyarakat Bangun Kemandirian di HUT 77 RI

Kapolres Purwakarta AKBP Edward Zulkarnaen (Foto: Doc Humas Polres)

KBRN, Purwakarta: Makna kemerdekaan bagi Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain memiliki makna yang sangat dalam.

Menurutnya, Kemerdekaan yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan puncak perjuangan atau Kulminasi (Puncak Tertinggi) bagi bangsa Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan dengan darah dan air mata.

“Sehingga itu, kemerdekaan ini harus dimaknai sebagai sebuah jembatan emas atau jalan menuju masyarakat yang adil dan makmur serta sejahtera. Tapi bukan berarti perjuangan telah selesai, tapi justru baru akan dimulai dengan tantangan yang berbeda,” ucap Pria yang akrab disapa Edwar itu pada Rabu (17/8/2022).

Edwar mengajak masyarakat untuk berupaya bersama membangun kemandirian demi kehidupan yang lebih baik di tengah keterbatasan dan rintangan saat pandemi Covid-19 yang kini masih berlangsung.

Ia juga menekankan akan pentingnya merefleksikan dari apa yang telah diwariskan para pendahulu bangsa, yakni ketangguhan untuk terus tumbuh dan daya adaptasi dari para pendahulu bangsa dalam merebut kemerdekaan.

“HUT ke-77 RI ini semoga bisa kita dijadikan sebagai momen untuk memetik pembelajaran dari spirit dan teladan para pendiri bangsa, seperti spirit gotong royong, kegigihan, ketangguhan untuk terus tumbuh, dan daya adaptasi yang telah teruji untuk menggapai cita-cita kemerdekaan,” ucap Perwira polisi yang terkenal dengan keramahannya itu.

Untuk itu, di peringatan HUT Ke-77 RI ini, Kapolres mengajak masyarakat Purwakarta agar tidak mengendorkan semangat patriotisme dalam menghadapi Covid-19 yang sudah melanda negeri ini. Hal tersebut sejalan dengan tema HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik yaitu ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’.

Pada masa pandemi ini, Edwar meminta masyarakat untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Hal itu demi keselamatan diri masing-masing maupun keluarga.

“Kita semua ingin merdeka. Merdeka dari pandemi Covid-19, yakni dengan mematuhi protokol kesehatan, mengikuti vaksin Covid-19 dosis lengkap bahkan penguat (booster), masyarakat bisa bangkit menjalani berbagai aktivitas sehingga negara ini bisa pulih dan bangkit lebih cepat. Melalui momen inilah mari semuanya bangkit dan memulihkan kondisi dengan menanamkan jiwa kemerdekaan,” ujar AKBP Edwar Zulkarnain.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar