Rugikan Ratusan Juta, Polisi Ciduk Pelaku Penipuan Arisan Online Bodong

KBRN, Garut : Satreskrim Polres Garut berhasil menciduk Eva Mentari, pelaku arisan online bodong.

Kapolres Garut, AKBP.Wirdhanto Hadichaksono mengungkapkan, sedikitnya ada 66 orang yang menjadi korban arisan online bodong ini.

"Pelaku sudah menjalankan aksinya sejak april 2022 hingga bulan juni 2022. Puluhan korbannya merupakan warga Desa Cijayana, Kecamatan Mekarmukti Garut,"jelasnya, di Mapolres Garut, Rabu (6/7/2022).

Ia menyampaikan, modus arisan bodong yang dilakukan oleh pelaku dengan cara memposting di berbagai media sosial untuk menarik korbannya.

"Bahkan pelaku sebagai ibu rumah tangga tersebut, sempat menjadi korban yang sama hingga memliki hutang besar hingga puluhan juta rupiah termasuk hutang ke Bank, untuk mengembalikan hutangnya, pelaku mengunaakan cara yang sama yaitu denhan melancarkan modus arisan  online dengan akun "Eva Mentari" yang dipasang di medsos,"jelasnya.

Menurut Wirdhanto, pelaku sempat melarikan diri bersama suaminya ke Kalimantan.

"Kami berkordinasi dengan aparat kepolisian di Kalimantan untuk melacak keberadaan pelaku, setelah dipastikan keberadaannya, kami melakukan penjemputan langsung ke lokasi persembunyian pelaku,"paparnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus mengembangkan kasus tersebut karena tidak menutup kemungkinan masih banyak korban lainnya yang belum terungkap.

"Kerugian materi yang diderita korban,  totalnya diatas 500 juta rupiah lebih, dan uang hasil modus penipuan tersebut welain dibayarkan hutang juga dibelanjakan untuk kebutuhan pribadi seperti perhiasan dan lainnya,"ujarnya.

Kapolres menegaskan, atas perbuatannya pelaku dijerat pasal 378 dan 372 tentang penipuan dengan ancaman 4 tahun penjara.

"Pelaku dijerat pasal penipuan dengan ancaman empat tahun penjara,"pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar