Kapolres Dan Disnakeswan Subang Sidak PMK Ke Peternakan Sapi Di Cipeundeuy

Kapolres Subang AKBP Sumarni Didampingi Kadisnakeswan Bambang Suhendar Saat Sidak Kepeternakan Sapi Di Cipeundeuy (Foto Dok/Polres Subang)

KBRN  Subang: Untuk mengantisipasi adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak, khususnya sapi.

Kapolres Subang AKBP Sumarni, bersama Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Subang Bambang Suhendar, di dampingi Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Drh. Erlina Pasaribu, menggelar sidak di Peternakan Sapi PT. Hade Dinamis Sejahtera, Desa Sawangan Cipeundeuy Subang, Selasa (24/5/2022).

Kapolres Subang mengatakan, sidak yang dilakukannya bersama Disnakkeswan, merupakan upaya antisipasi.

"Kami hanya ingin memastikan saja, apakah di Subang sudah ada hewan ternak, khusus pada sapi yang terjangkit okeh wabah PMK," ujar AKBP Sumarni kepada wartawan di Subang, Selasa (24/5/2022).

Dalam sidak tersebut Kapolres, langsung melakukan pengecekan ke beberapa ekor sapi.

"Alhamdulillah, kita tidak menemukan adanya tanda-tanda PMK di sini," imbuhnya.

Dalam pelaksanaan sidak atau monitoring penyebaran PMK yang ada di Kabupaten Subang ini sebagai pengawasan, pengecekan dan terhadap peternakan Sapi yang memang memelihara sekitar 4000 ekor,serta berharap para peternak tetap menjaga kesehatan hewan ternak, mengantisipasi penyebaran PMK masuk ke dalam peternakannya.

"Kami juga menghimbau bagi peternak yang sapinya terpapar virus PKM, agar melakukan isolasi karantina dan berkonsultasi dengan dokter hewan dari Dinas Peternakan Kabupaten Subang," pungkas Kapolres.

Sementara itu, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Subang Bambang Suhendar menyebutkan,  pihaknya sangat mengapresiasi Kapolres Subang yang begitu tanggap, terhadap permasalah PMK ini, dan mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan , termasuk kesehatan hewan ternak agar tidak terserang PMK

"Tanpa Kerja sama, memang kita tidak dapat melakukan sendiri, dan kita rutin untuk pengecekan ke setiap peternakan di Kabupaten Subang, antara lain salah satunya di PT. Hade Dinamis Sejahtera, dan terutama kepada masyarakat jangan terlalu takut terhadap penyakit tersebut," tegas Bambang.

Selanjutnya, CEO PT. Hade Dinamis Sejahtera Hendri Hartono mengatakan, sebelumnya merasa kaget bahwa ada Kapolres dan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Subang, mengunjungi perusahaan nya.

"Awalnya saya kaget, akan tetapi bersyukur dan berterimakasih kepada ibu Kapolres, dan Kepala Dinas beserta jajaran dari Polres Subang, yang telah melakukan kunjungannya, di peternakan kami sapi-sapi kami sehat, dan mayoritas sapi-sapi kami berasal dari Australia, dan juga Kupang. Kebetulan tidak ada sapi dari Jawa timur," jelas Hendri Hartono.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar