Antisipasi PMK, Polres Subang Gandeng Disnakeswan Awasi Hewan Ternak

Anggota Polres Subang Pantau Hewan Ternak Dari PMK (Foto Dok/Polres Subang)

KBRN, Subang: Guna mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, jajaran Polres Subang, bekerja sama dengan Dinas Peternakan, untuk melakukan pengawasan dan mengecek hewan-hewan ternak, terutama terhadap hewan sapi.

Kapolres Subang AKBP Sumarni mengatakan, pengecekan hewan ternak tersebut, agar penyebaran PMK di wilayah hukum Polres Subang, bisa terdeteksi, sekaligus bisa cepat tertangani.

"Kita bekerja sama dengan pihak terkait, guna mencegah penyebaran PMK, dan akan selalu memeriksa kandang-kandang hewan. Demi antisipasi dini penyebaran PMK," ujar AKBP Sumarni kepada RRI di Subang, Minggu (22/5/2022).

Selain itu lanjut Kapolres, pengawasan dan pengecekan hewan-hewan ternak tersebut, momentnya sangat tepat. Karena dalam waktu dekat ini  sudah menjelang hari raya kurban, atau Idul Adha. Pihaknya juga, akan mengawasi penjualan hewan kurban.

"Kita akan awasi juga penjualan hewan kurban, saat menjelang Idul Adha, demi memastikan hewan tersebut sehat, tak terjangkit PMK," tegasnya.

Sumarni menyebutkan, PMK penularannya sangat cepat, sehingga perlu diantisipasi oleh para peternak, baik yang di perusahaan peternakan, maupun di lingkungan masyarakat.Sumarni mengatakan, tanda-tanda hewan ternak terindikasi tertular PMK, yakni air liurnya berlebih, sariawan di rongga mulutnya sehingga tidak nafsu makan, dan ada luka di sela-sela kuku sehingga tidak bisa berdiri.

"Jadi bila saat di cek hewan ternak, jika menemukan ciri-ciri seperti itu, hewan ternak agar dipisahkan dengan hewan ternak lainnya, dan secepatnya melapor kepada petugas penyuluh perternakan  atau bhabinkamtibmas," tandas Sumarni.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar