Peternak Diimbau Mengenali Ciri-ciri PMK Terhadap Hewan Ternak Miliknya

Kapolres Subang AKBP Sumarni (Foto Ruslan Effendi/RRI)

KBRN, Subang: Terkait kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kapolres Subang AKBP Sumarni menghimbau para peternak proaktif, mengecek setiap hewan ternak sebagai antisipasi. 

Sumarni mengatakan, PMK penularannya sangat cepat, sehingga perlu diantisipasi oleh para peternak, baik yang di peternakan, maupun di lingkungan masyarakat.

"Ciri-ciri hewan ternak,  yang terindikasi tertular PMK, yakni air liurnya berlebih, sariawan di rongga mulutnya, sehingga tidak nafsu makan, dan kaki di sela-selanya muncul luka, sehingga tidak bisa berdiri," ujar AKBP Sumarni kepada RRI di Subang, Sabtu (21/5/2022).

Sumarni menyebutkan, bila saat mengecek hewan ternak menemukan ciri-ciri itu, hewan ternak tersebut, agar dipisahkan dengan hewan ternak lainnya, dan segera melaporkannya kepada petugas penyuluh perternakan, atau bhabinkamtibmas.

"Untuk dilakukan langkah-langkah antisipasi, jangan sampai menyebar ke daerah lain, atau ke tempat lain, karena PMK sangat membahayakan buat hewan ternak," imbuhnya. 

Sementara itu penularan PMK itu ditegaskan Sumarni, bisa juga lewat manusia. Maka tempat hewan ternak, untuk tidak dikunjungi sembarangan orang, karena orang tersebut tidak diketahui kondisinya sehat atau malah membawa PMK.

"Peternak pun diimbau tidak pindah - pindah ke tempat lain, kandang dibersihkan dengan disemprot disinfektan, dan hewan ternak dikasih vitamin," pungkas Kapolres.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar