Hari Ketiga Mudik, Jumlah Pelanggaran Mulai Berkurang

Kapolres Cimahi AKBP Indra Setiawan saat berkunjung di Pospam Padalarang KBB (Foto:Amelia Hastuti/RRI)
Petugas Pospam Padalarang sedang memeriksa kenderaan berplat luar Bandung (Foto:Amelia Hastuti/RRI)

KBRN, Cimahi :  Arus lalu lintas di jalur Padalarang Kabupaten Bandung Barat, pada H-5 lebaran terpantau  aman, lancar dan kondusif.

Berdasarkan pantauan RRI, Sabtu (8/5/2021) dari pagi hingga sore hari, tidak terjadi kepadatan arus lalu lintas yang cukup berarti, baik dari arah timur menuju barat maupun sebaliknya. 

Kapolres Cimahi AKBP Indra Kurniawan ketika memantau pos PAM Padalarang di pertigaan pintu Tol Barat Padalarang siang tadi membenarkan, arus mudik lebaran pada hari ke 3 pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2021 masih landai-landai saja.

"Sudah ada penurunan pelanggaran, bila dibanding dengan saat awal operasi, karena adanya peningkatan kesadaran masyarakat. Mereka mulai memilih untuk tidak mudik, karena pada kenyataannya memang tidak bisa mudik setelah banyak yang gagal melakukan mudik," ungkapnya.

Indra juga mengingatkan adanya edaran dari Bupati Bandung Barat tentang penutupan sementara tempat wisata mulai tanggal 7 sampai 14 Mei 2021.

"Artinya semua tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat tidak menerima kunjungan wisata baik lokal maupun dari daerah lain, guna mengendalikan penyebaran virus Corona, mengingat wilayah Kabupaten Bandung Barat khususnya Lembang merupakan zona merah Covid-19," ujarnya.

Dalam kaitan itu, Kapolres Cimahi AKBP Indra Setiawan meminta masyarakat untuk merayakan lebaran di rumah, tidak mudik dan tidak bepergian atau melakukan kunjungan ke tempat wisata, demi memutus mata rantai perkembangan Covid-19.

Kasat Lantas Polres Cimahi AKP Sudirianto menambahkan,  dengan kebijakan penutupan tempat wisata tersebut akan mengurangi pergerakan kendaraan menuju arah Lembang.

"Dengan begitu kami bisa lebih mudah memantau dan mengontrol mana kendaraan penduduk lokal dan mana kendaraan yang hendak mudik," ujarnya.

Sementara itu berdasarkan data rekap hasil Operasi Ketupat Lodaya 2021 Polres Cimahi, Sabtu, 8 Mei 2021 mulai pukul 06.00 sampai 12.00 WIB, kenderaan yang diperiksa sebanyak 272 unit, 17 diantaranya diputar balikkan karena melanggar peraturan mudik.

"Itu yang dibalikkan 15 kenderaan roda empat dan dua sepeda motor. Mereka ditawarkan untuk melakukan rapit test antigen dan menolak sehingga mereka tidak bisa melanjutkan perjalanannya," jelas Sudirianto.

Selain melakukan rapid tes antigen terhadap 10 pengemudi kenderaan, petugas posko juga membagikan 30 masker kepada pengemudi dan penumpang yang kedapatan tidak menggunakan masker.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00