Kejari Ciamis Beri Penyuluhan Hukum ke Pemdes di Banjaranyar.

Kajari masuk desa (Dok,Kajari Ciamis)

KBRN, Ciamis : Program Jaksa masuk desa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis memberikan penyuluhan dan penerangan hukum kepada Pemdes se-Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis. Kegiatan ini digelar di Aula Kecamatan Banjaranyar, Selasa (9/8/2022) dengan narasumber Asep Dahwan Jaksa Fungsional bidang intelejen Kejari Ciamis.

“Kegiatan ini merupakan program Jaksa Masuk Desa,” ujar Asep Dahwan kepada galuh.id usai kegiatan.

Pada intinya, kegiatan ini untuk menyampaikan tugas dan fungsi kejaksaan. Kemudian menerangkan masalah hukum dan perundang-undangan lainnya. Harapannya, agar aparatur pemerintah desa IPemdes) tidak tersangkut permasalahan apa pun seperti masalah tindak pidana.

“Kita datang ke desa-desa melalui kecamatan untuk menyampaikan masalah pencegahan prosedur-prosedur yang harus ditempuh,” ucap Asep.

Ia menyebut, aparatur desa di wilayah Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis, sampai sekarang tidak ada yang tersangkut masalah apa pun

“Alhamdulillah. Sampai sekarang tidak ada satu pun yang masuk laporan ke kami,” ucap Asep.

Pihaknya juga mengimbau kepada para Kepala Desa dan perangkatnya agar selalu mematuhi peraturan yang ada dalam hal pengelolaan AD maupun ADD.

“Patuhi prosedur operasional dan aturan-aturan yang ada dalam hal pengelolaan DD ataupun ADD. Agar tidak tersangkut masalah apapun,” tutur Asep.

Sementara itu, Ketua Apdesi Kecamatan Banjaranyar, Egi Suprayoga Samsoe, menyambut baik adanya program Jaksa Masuk Desa , adanya program dari aparat penegak hukum (APH) seperti halnya dari pihak Kejaksaan Ciamis, sangat membantu untuk menambah wawasan.

Pihaknya pun berharap ke depan program serupa bisa kembali digelar. Baik itu dari Jaksa ataupun dari APH yang lainnya.

“Agar menambah wawasan, kami minta ke depannya ada program-program lain dari APH. Baik itu dari Jaksa ataupun dari APH lainnya,” ucap Egi.

“Yang berkaitan dengan penegakkan hukum dan hal-hal lain sebagainya,” ungkap Kepala Desa Sindangrasa ini

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar