Kejati Jabar Terima Limpahan Tahap Dua Kasus Doni Salmanan dari Bareskrim Mabes Polri

KBRN, Bandung: Tersangka kasus Quotex Doni Salmanan, dilimpahkan tahap II ke kejaksaan.  Pelimpahan tahap II itu diawali di Kejaksaan Tinggi Jabar, Jalan LE. Martadinata Bandung pada Selasa (5/7/2022). Tersangka Doni Salmanan turut dihadirkan saat pelimpahan tersebut. 

Terlihat jelas, Doni Salmanan hadir menggunakan kemeja batik berwarna hitam. Tidak banyak yang dibicarakan oleh Doni saat nemasuk gedung Kejati Jabar,"sehat," kata Doni singkat. 

Sementara itu, saat menggelar Konferensi Pers, Wakil Kepala Kejati Jabar Didi Suhardi mengatakan, pihaknya menerima pelimpahan tahap II yang dilakukan oleh Mabes Polri. Adapun nantinya, perkara akan lansung dilimpahkan ke Kejari Bale Bandung. 

"Kami menerima penyerahan tahap dua tersangka dan barang bukti. Karena locus delicti di PN Bale Bandung, maka perkara diteruskan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bale Bandung," Katanya. 

Pada bagian  lain diterangkan Didi Suhardi, sambil menunggu proses pemberkasan Dakwaan, untuk sementara Tersangka Doni Salmanan akan dititipkan di Rutan Kebonwaru Bandung.  

Terkait dengan barang bukti, Wakajati Jabar menjelaskan, saat ini disimpan sementara di Kantor Kejari Bale Bandung. Diketahui ada lebih dari 100 item barang bukti yang berkaitan dengan perkara Quotex tersebut. 

"Barang bukti sebagian sudah disimpan di Kejari Bale Bandung dan sebagian dalam proses penyerahan termasuk mobil mewah ke Kejari Bale Bandung," katanya. 

Sebelumnya, Doni Salmanan ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus dugaan penipuan menggunakan situs Quotex.

Atas perbuatannya Doni dijerat Pasal 45A ayat (1) juncto Pasal 28 ayat (1) tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik serta Pasal 3, Pasal 5, Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dan/atau Pasal 378 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar