Tipikor Dana Desa, Polres Garut Bidik Empat Desa

KBRN, Garut : Dalam waktu dekat, aparat penegak hukum (APH) Satreskrim Polres Garut, segera melakukan penyelidikan terkait dugaan kasus korupsi dana desa.

Kasatreskrim Polres Garut, AKP.Dede Ihsan Sopandi menyatakan,  kasus tersebut merupakan limpahan dari Kepolisian Daerah (Polda) Jabar yang harus segera dituntaskan.

"Kami menerima limpahan kasus dugaan korupsi dana desa dari Polda Jabar, yang harus secepatnya diselsaikan. Dan dalam waktu dekat, kami akan segera melakukan penyelidikan," kata Dede di Mapolres Garut, Selasa (28/6/2022).

Dede menyampaikan, penyalahgunaan dana desa dilakukan dengan berbagai macam modus, namun hingga saat ini, baru ada 4 desa yang diduga kuat melakukan tindak pidana korupsi.

"Kami mencoba mendalami ke 4 desa yang diduga melakukan peyimpangan," tuturnya.

Tanpa menyebutkan secara rinci, dikatakan Dede, ke 4 desa tersebut berada diwilayah Kecamatan Cilawu dan Karangtengah.

"Nanti lah, pada saatnya, akan kami imformasikan desa mana saja yang akan dilakukan pemanggilan,"tukasnya.

Dibagian lain, apresiasi disampaikan Ketua Garut Governance Watch (GGW) Agus Gandi, atas kerja cepat jajaran APH Polres Garut dalam mengusut dugaan kasus korupsi dana desa.

 "Sebaiknya APH jangan menutup mata, atau alergi terhadap kasus tindak pidana korupsi terutama yang menyangkut dana desa, tetapi harus ada keberanian untuk mengungkap kasus-kasus korupsi di Kabupaten Garut,"jelasnya.

Agus Gandi menyatakan keprihatinannya,  yang malah justru ada APH yang mencoba  melindungi pemdes dengan cara melakukan Mou.

" Dengan Mou tersebut para kades akan merasa terlindungi dari jeratan hukum saat melakukan penyimpangan pengelolaan anggaran dana desa,"pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar