Temukan Indikasi Pungli di PPDB Subang, Segera Laporkan ke Satgas

Katua Pelaksana Satgas Saber Pungli Kabupaten Subang Kompol Satrio Prayogo (Foto Ruslan Effendi/RRI)

KBRN, Subang: Dalam rangka mencegah adanya praktik pungutan liar (Pungli), pada saat proses PPDB TA 2022-2023. Satgas Saber Pungli Pasang Spanduk imbauan di sejumlah sekolah.

Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Kompol Satrio Prayogo, yang juga selaku Waka Polres Subang mengatakan, pemasangan spanduk tetsebut dilakukannya, agar masyarakat dan juga pihak sekolah, tidak sekali-kali melakukan praktik pungli pada proses PPDB.

"Kami sambil melakukan monitoring, sekaligus sosialisasi di sejumlah SD dan SMP sederajat, terkait pungli. Kami juga memasang spanduk, yang berisikan imbauan, agar masyarakat, atau orang tua peserta didik, termasuk pihak sekolah, agar tidak sekali-kali melakukan pungli," ujar Kompol Satrio kepada RRIndi Subang, Kamis (23/6/2022).

Meski di beberapa sekolah sudah dipasangi spanduk  berisi imbauan, namun lanjut Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli, tidak menutup kemungkinan pungli itu bisa saja terjadi, jika ada peluang. Maka dari itu masyarakat bisa langsung melapor ke nomor call center Satgas Saber Pungli Kabupaten Subang 081111122895.

"Setiap laporan dari masyarakat, pasti kami akan tindaklanjuti, dan tanggapi," imbuhnya.

Namun ia berharap, seluruh panitia PPDB di SD dan SMP sederajat, mengikuti mekanisme Peraturan Mendikbud (Kemendikbud) No. 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

"Jadi segala  bentuk sumbangan di sekolah, harus mengacu kepada permendikbud no 75 tahun 2016. Jika tidak mengacu ke sana, berarti bukan sumbangan, tetapi masuk katagori pungli," tandas Kompol Satrio.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar