Satgas Saber Pungli Subang Sulit Tindak Pelaku Pungli Tanoa Barbuk Dan Laporan Masyarakat

Ketua Tim Satgas Saber Pungli Subang Kompol Satrio Prayogo (Foto Dok/Polres Subang)

KBRN, Subang: Tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Subang, masih kebingungan dalam menindak tegas para pelaku pungli, khususnya di perekrutan calon tenaga kerja. Namun, tidak ada satupun pengaduan, atau laporan dari masyarakat.

Ketua Tim Saber Pungli Kabupaten Subang, Kompol Satrio Prayogo mengatakan, Tim Saber Pungli Subang selalu intens memantau, mengawasi dan menindak lanjuti keluhan, terkait pungli yang disampaikan oleh masyarakat di media sosial.

“Kita selalu merespon keluhan masyarakat, terkait maraknya pungli yang banyak di posting di media sosial oleh masyarakat,”ujar Kompol Satrio kepada RRI di Subang, Sabtu (21/5/2022). 

Satrio mengaku, kesulitan untuk menindak tegas para pelaku pungli. Dikarenakan, minimnya laporan dari masyarakat.

“Sampai sejauh ini, tim Saber Pungli Subang belum mendapatkan satupun laporan dari masyarakat, termasuk para calon tenaga kerja, yang dikabarkan banyak menjadi korban pungli saat melamar kerja,” imbuhnya.

Disatu sisi, Kata Satrio, banyak warga yang mengeluh, dengan banyaknya pungli, khususnya terkait penerimaan karyawan di pabrik, namun tak ada satupun warga, yang berani melaporkan.

”Masyarakat banyak mengeluh, terkait banyaknya pungli khususnya, terkait penerimaan karyawan pabrik. Namun yang kami sayangkan mereka tak mau melaporkan ke kami. Sehingga kami sulit menindaklanjutinya, karena minim bukti dan laporan,” tegas Satrio.

Satrio menegaskan, tim Saber Pungli hanya mampu menindak para pelaku pungli, yang ketahuan langsung, melalui operasi tertangkap tangan.

“Minim bukti, kita hanya bisa menindak pelaku pungli, yang ketahuan langsung atau tertangkap tangan,” terangnya. 

Maka Satrio meminta kepada masyarakat, jika menemukan, atau menjadi korban pungli agar segera melaporkannya ke Tim Satgas Saber Pungli.

“Jika jadi korban Pungli, masyarakat diharapkan segera melapor langsung ke tim Saber Pungli Subang, atau ke Polsek terdekat,” pungkas Satrio.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar