Pemerhati Lingkungan, Buang Sampah DI Irigasi Situ Wnayasa Harus Diberi Sanksi

Membuang sampah di sungai yg bermasalah

KBRN, Purwakarta:| Pemerhati lingkungan Kabupaten Purwakarta, Mochamad Aripin menyayangkan aksi dua orang pemuda terekam kamera sedang buang sampah sembarangan ke saluran irigasi di Situ Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, beberapa waktu lalu. Menurutnya, perbuatan tersebut harus diberikan sanksi tegas.

Dalam berdurasi sekitar 20 detik yang viral di media sosial tersebut memperlihatkan dua orang pemuda dengan santainya membuang sampah ke aliran irigasi di sekitar Situ Wanayasa.

Seolah tidak memperdulikan perbuatannya itu berdampak negatif bagi lingkungan, mereka terus mengeluarkan sampah-sampah yang ada di karung dan bak sampah sampai habis.

 “Perilaku warga yang membuang sampah di tempat-tempat yang terdapat air seperti, selokan, sungai, maupun laut sangat disayangkan. Apalagi yang melakukan hal itu pemuda, seharusnya para pemuda itu lebih peduli terhadap lingkungan,” Ucap pembina Komunitas Pencinta Alam Sukasari itu, pada Kamis (19/5/2022).

Ia menegaskan membuang sampah di air adalah dosa yang kelak akan dimintai pertanggungjawaban.

“Kita lihat bagaimana sampah-sampah yang di buang langsung oleh Pemuda tersebut ke saluran irigasi. Itu adalah dosa yang nanti bisa dipertanggungjawabkan,” ucap pria yang akrab disapa Kang Ipin itu

 Ipin mengatakan upaya pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam menjaga kebersihan di wilayah Purwakarta harus terus dilakukan bersama-sama. Hal itu juga perlu dari kesadaran masyarakat untuk ikut membantu menjaga kebersihan lingkungan, baik kebersihan di darat maupun sungai, agar Kabupaten Purwakarta bersih dan asri.

“Jadi memberikan efek jera sekaligus mengedukasi mengenai pentingnya keberadaan saluran irigasi ataupun sungai, maka pelaku pembuangan sampah tersebut harus diberikan sanksi tegas,” tutur Kang Ipin.

Padahal seperti diketahui, membuang sampah sembarangan ke sungai ataupun saluran irigasi memiliki banyak dampak terhadap lingkungan. Di antaranya ialah banjir. Penumpukan sampah di sungai akan membuat saluran air mampet. Sehingga air akan meluas dan menyebabkan banjir.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar