OTT Disdik Kab Bandung, Juhana : Ada Pungutan, Tapi Liarnya Masih Didalami

Kepala Dinas Pendidikan Kab Bandung, Juhana / Foto : Istimewa

KBRN, Soreang : Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, Juhana, tidak menampik ada oknum di jajarannya yang melakukan pungutan terkait pembahasan KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang belakangan di OTT Tim saber pungli Jawa Barat.

Meski begitu, untuk disebut sebagai pungli atau pungutan liar, pihaknya masih melakukan pendalaman. 

Sebab menurut Juhana, verifikasi mengenai KTSP membutuhkan anggaran, yang ironisnya anggaran untuk membahas itu, tahun ini terkena refocusing akibat Pandemi Covid 19.

"Kejadian yang menimpa dua korwil yang kemarin itu biasanya ada kesalahan dalam nomeklatur. Kalau pandangan saya, kebenarannya sedang didalami. Cuma pada prisipnya memang ada pungutan. Soal liar tidaknya sedang dipelajari, karena untuk pembahadan KTSP itu ada biaya." terang Juhana, saat dihubungi wartawan via telepon genggamnya, Senin (19/7/2021) sore.

Pembahasan atau verifikasi mengenai KTSP imbuh Juhana, memerlukan biaya karena ada proses yang harus ditempuh, sepertirapat, diskusi, serta pendampingan dan membayar narasumber.

"Di Disdik tidak ada anggaran tahun ini.  Tahun - tahun sebelummya ada, cuma tahun ini kena refocusing. Soal anggaran relatif tiap sekolah. Bukunya kan bagus - bagus di cetak dijilid ada proses pendampingan, bayar makan minum bayar narsum," lanjut Juhana.

Walaupun sedang didalami, namun Juhana memastikan, seandainya terbukti, pihaknya pasti akan menjatuhkan sangsi.

"Seandainya terbukti setiap pelanggaran pasti ada sangsi itu otomatis. Sangsi itu diserahkan pada Inspektorat. Tapi untuk sementara mereka di non aktifkan dulu," imbuh Kadis Pendidikan Kabupaten Bandung, Juhana.

Seperti diketahui, dua orang oknum pejabat Disdik Kabupaten Bandung, Kamis (14/7/2021), terkena OTT tim Saber Pungli Jawa Barat. Ada uang sekitar 12 juta rupiah yang disita petugas saat OTT di Sekretariat PGRI Kab Bandung itu

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00