3 CV Penangkar Benih Padi Di Subang Teken MoU Dengan Prisma

CV PIONA Benih Mandiri, CV JTM, Dan CV ANISA Benih Prima Teken MoU Dengan Prusma, Selasa (9/8/2022), Terkait Program Kemitraan Antara Pemerintah Australia Dengan Indonesia (Foto Ruslan Effendi/RRI)

KBRN, Subang: CV Fiona Benih Mandiri, CV Jembar Tani Mandiri, dan CV Anisa Benih Prima, yang berlokasi di Pusakajaya, Subang, Selasa (9/8/2022), melakukan kerjasama dengan program kemitraan Australia-Indonesia (PRISMA), untuk meningkatkan tambahan ketersediaan benih padi varietas unggul baru berkualitas (VUBB), hingga 1.650 ton per-tahun, dan meningkatkan hasil panen petani padi.

Benih padi yang dipasarkan, merupakan varietas unggul baru berkualitas (VUBB), yang akan meningkatkanproduktivitas, dan pendapatan lebih tinggi bagi petani Indonesia.

CEO PRISMA, Nina Fitz Simons mengungkapkan harapan, adanya peningkatan yang signifikan bagi para penangkar benih padi, melalui kerja sama ini.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan CV Fiona, CV Jembar Tani Mandiri, dan CV Anisa untuk meningkatkan ketersediaan benih padi varietas unggul baru berkualitas. Varietas unggul baru memiliki toleransi yang tinggi terhadap kekeringan, hama, dan penyakit. Produktivitas benih yang lebih tinggi, dan adaptasinya terhadap perubahan iklim, menjadikan benih tersebut pilihan yang tepat, untuk memerangi kerawanan pangan," ujar Nina.

Sebagaimana Head of Portfolio Sektor Padi PRISMA Gracia Christie Napitupulu mengatakan, kalau kerjasama CV Fiona, dan PRISMA nantinya akan direalisasikan melalui pengembangan areapemasaran baru, serta program mentoring bagi para petani-petani penangkar.

“Program mentoring dilakukan dengan tujuan, meningkatkan kapasitas dan keterampilan petani-petani penangkar benih padi, dalam menangkap peluang usaha, memproduksi, sekaligus  memasarkan benih padi varietas unggul secara berkelanjutan,” ucap Gracia.

Gracia menyebutkan, CV Fiona Benih Mandiri, sebagai perusahaan penangkar, dan pemasok benih padi bersertifikat di Subang berdiri sejak tahun 2007, bersama dua penangkar benihbinaannya yakni CV Jembar Tani Mandiri dan CV Anisa Benih Prima, menandatangani kerjasama dengan program kemitraan pemerintah Australia-Indonesia, yakni PRISMA di kantor CV Fiona di Jalan Selatan Pusakanagara Km 1 No 69 Pusakajaya, Subang, ditujukan agar selain di Jawa Barat, benih-benih padi varietas unggul terbaru, dapat jugadiakses oleh lebih banyak petani, terutama di Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

"Diharapkan melalui kerjasama ini, wilayah distribusi benih padi unggul baru, akan dijadikan dalam dua siklus, dengan siklus pertama menargetkan kabupaten, yang telah teridentifikasi memiliki ketertarikan, seperti Kabupaten Slawi, Demak, Brebes untuk di Jawa Tengah.Lalu, siklus berikutnya akan menargetkan wilayah lainnya di Jawa Tengah, maupun Jawa Timur, yang terindentifikasi memiliki potensi untuk dikembangkan," terangnya. Kerjasama ini ditegaskan Gracia, merupakan salah satu strategi, untuk meningkatkanpendapatan petani, dengan memperbaiki akses petani dan penangkar, terhadap benih padi varietas unggul baru, yang dirilis setelah tahun 2012, yang memiliki produktivitas tinggi.

"Strategi peningkatan akses tersebut, mencakup program mentoring, dan pengembangan area pemasaran baru, yang diharapkan, dapat meningkatan pengetahuan petani dan penangkar,akan kelebihan VUBB, serta mempermudah mereka mendapatkan benih padi VUBB di pasar Jawa Tengah pada khususnya," tandas Gracia.

Direktur CV Fiona Benih Mandiri, H. Khaerul Anam Syah, usai penandatanganan MoU mengatakan, kalau kerjasama untuk merealisasikan keinginan Presiden Jokowi saat berkunjung ke BBPadi (Balai Besar Penelitian Tanaman Padi) Subang, menekankan pentingnya kualitas benih, untuk mendongkrak produktivitas padi nasional.

“Kami pun sepakat, bahwa perbanyakan benih berkualitas unggul, akan sangat memengaruhi produktivitas petani. Karena itu, kami sangat mengapresiasi program PRISMA yang merangkul para penangkar benih, untuk menghasilkan lebih banyakbenih unggul yang berkualitas,” kata Khaerul Anam.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar