Rela Berdesakan Demi Mendapatkan Pekerjaan, Belasan Pencari Kerja di Cianjur Pingsan

Seorang Pencari Kerja yang pingsan mendapt perwatan dari petugas kesehatan (Dok. Disnakertrans)

KBRN, Cianjur : Belasan  Pencari kerja(Pencaker) yang mengikuti kegiatan Job Fair 2022 di Lapang Prawatasari,  kabupten Cianjur  pingsan dan tidak sadarkan diri akibat berdesak-desakan selama beberapa jam.

Berdasarkan pantauan dilapangan, ribuan Pencaker dari sejumlah wilayah di Kabupaten Cianjur mulai berdatangan ke Lapang Prawatasari untuk melamar pekerjaan yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Cianjur.

Staff Yankes Primer Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, Azwar Chaniago mengatakan, dihari pertama pelaksanaan Job Fair 2022 tercatat ada sebanyak 13 orang Pencaker yang sakit saat mengantri untuk menyerahkan berkas lamaran.

"Dari tadi pagi hingga siang ini, data yang tercatat petugas Dinkes dan PMI sementara ini telah ada 15 orang yang sakit, muali dari pingsan, pusing hingga mual," katanya pada wartawan, Rabu (6/7/2022).

Belasan pencari kerja tersebut pingsan,akibat berdesak-desakan dengan ribuan Pencaker lainya, serta faktor cuaca panas dan kurangnya persiapan.

"Karena padatnya para Pencaker, dan membuat oksigen kurang, sehingga mereka pingsan, ditambah mereka belum sarapan terlebih dulu, selain itu ada juga yang memiliki riwayat penyakit," ucapnya.

Menurutnya, belasan yang megalami pingsan atau sakit tersebut langsung diberikan pertolongan pertama, dan langsung ditangani ditempat. Sehingga tidak ada yang di rujuk ke rumah sakit.

"Mereka berhasil kami tangani ditempat, setelah itu para pencaker yang tersebut langsung disarankan untuk pulang dan dijemput anggota keluarganya," katanya.

Sebanyak 16 petugas kesehatan dan dua mobil ambulan dari Dinkes Cianjur dan PMI Kabupaten Cianjur disiagakan dalam pelaksaan Job Fair yang akan diselenggarkan selama dua hari.

"Sejauh ini untuk armada atau fasilitas kesehatan masih cukup, namun untuk petugas kemungkinan akan ditambah," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar