Tangkal Terorisme, Ka BNPT : KTN Garut Implementasi Konsep Pentahelix

KBRN, Garut : Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol.Boy Rafly Amar menyatakan,kehadiran Kawasan Terpadu Nusantara (KTN)  Garut, merupakan implementasi konsep pentahelix dalam menangkal paham radikalisme terorisme dengan melibatkan banyak pihak. Pihak-pihak eksternal ini diharapkan dapat bersinergi dengan BNPT untuk mensukseskan program KTN. 

"Wilayah Garut di Jawa Barat dipilih menjadi salah satu lokasi pembangunan KTN mengingat Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu dari lima wilayah provinsi yang masuk lokus sinergisitas penanggulangan terorisme," katanya disela Launching KTN di Desa Haruman Sari,  Kecamatan Kadungora Garut,Sabtu (2/7/2022).

Ia menyampaikan, program ini merupakan salah satu bentuk pendekatan lunak yang mengedepankan aspek kesejahteraan dengan memberikan fasilitas kepada mitra deradikalisasi, penyintas dan masyarakat untuk mengembangkan produktivitas ekonomi. Kawasan ini juga dijadikan sarana reintegrasi sosial bagi mitra deradikalisasi agar memiliki kemandirian ekonomi. 

"Nantinya lahan yang berada di Desa Haruman Sari akan dimanfaatakan sebagai area budidaya lebah madu, jagung, gula aren, alpukat dan juga sebagai objek pariwisata,"jelasnya.

Menurutnya, Pemanfaatan lahan tersebut  diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan mitra derad dan warga sekitar. 

"Penerima manfaat terdiri dari 6 orang mitra derad (eks narapidana terorisme) dan masyarakat sekitar,"ujarnya.

Selain meresmikan KTN Garut, Kepala BNPT pada kesempatan yang sama juga meninjau Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan (Warung) NKRI dan Posko KTN Garut. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar