Menuju Era Industrialisasi masa Depan Subang Libatkan BUMD

Kang Jimat Undang Seluruh Jajaran Direksi BUMD Ke Saung Kang Jimat (Foto Dok/Forkopim Pemkab Subang)

KBRN, Subang: Bupati Subang Ruhimat, mengundang jajaran BUMD Kabupaten Subang, di Saung Jimat, Rumah Dinas Bupati, Kamis (30/6/2022).

Pertemuan yang dihadiri Kepala Biro BUMD, Investasi dan Administrasi Pembangunan Setda Jabar Lusi Lesminingwati, dalam rangka membahas mengenai masa depan Subang, menuju era Industrialisasi, dan masa depan Subang yang lebih baik.

Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang Ruhimat, pada kesempatan tersebut menyampaikan, menjelang era industrialisasi, dirinya menginginkan kesiapan Subang untuk dapat sepenuhnya mendapatkan manfaat.

"Yang saya inginkan, bagaimana caranya supaya menjelang era industrialisasi di Kabupaten Subang, baik manufaktur, pelabuhan, pariwisata, dan itu semua tentunya saya harapkan, betul-betul memberikan barokah untuk Kabupaten Subang," ujar Kang Jimat melalui press rillis yang diterima RRI di Subang, Kamis (30/6/2022).

Kang Jimat pun menyampaikan,  Subang dengan Tag line-nya, diharapkan mampu diterapkan dikehidupan sehari-hari. Selain itu, Kang Jimat juga menyampaikan harapannya, terkait Raperda atau regulasi yang mampu memberdayakan BUMD, dalam pengelolaan berbagai hal di Kabupaten Subang.

"Dengan harapan, tagline selalu diucapkan Rakyat Subang Gotong-royong Subang Jawara, kita diwajibkan untuk berusaha dan berupaya, baik secara individu maupun kelompok, diperlukan Regulasi. Harapan saya bagaimana terkait perda, itu bisa dilahirkan tahun ini, lebih cepat lebih baik," imbuhnya.

Kang Jimat yakin, dengan Raperda, yang segera lahirkan, akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para investor.

"Saya inginkan perda terkait kekawasan industrian, pelabuhan dan pariwisata itu bisa secepatnya dilahirkan," tegas Kang Jimat.

Kang Jimat juga berpesan kepada para jajaran BUMD, untuk dapat mempelajari apa yang dijalankan oleh Singapura, sehingga mampu menjadi pusat ekonomi dunia.

"Tolong pelajari Singapura, itu tentunya dia tidak punya sumber daya alam, tapi memiliki sumber daya manusia, harapan saya BUMD mampu menjadi pemain besar di bidangnya masing-masing," kata Kang Jimat.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Subang Novanza Shinta Narwastu menyampaikan, saat ini Subang telah memiliki 2 Raperda untuk memberdayakan BUMD, sesuai dengan yang diharapkan Kang Jimat. 

"Dua Raperda tersebut adalah Raperda mengenai optimalisasi BUMD, bagi daya dukung Badan Usaha pelabuhan patimban, serta Raperda mengenai Ekosistem investasi daerah, bagi daya dukung Proyek Strategi Nasional Rebana," terang Novanza.

Novanza menyampaikan, bahwa Raperda yang tengah disusun tersebut, merupakan raperda yang menjadi pendukung untuk meningkatkan PAD.

"Kedua raperda itu, sebagai pendukung untuk peningkatan PAD, yang masuk ke kas daerah," tandasnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kabag Hukum Setda Subang serta jajaran BUMD Kabupaten Subang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar