Harga Telur Ayam di Tasikmalaya Kembali Naik. Peternak : Kami Bisa Tertawa

"Sisa stok telur ayam di salah satu peternak di Kawalu. Peternak kehabisan stok, karena tingginya permintaan pasar meskipun harga telur mencapai Rp. 27 ribu per kilo," (foto : Nova Noegraha/ RRI)

KBRN, Tasikmalaya : Harga telur ayam di sejumlah pasar di Kota Tasikmalaya menunjukan peningkatan harga yang signifikan.Telur yang semula dijual Rp. 25 ribu per kilo, saat ini dijual dengan harga Rp. 27 ribu per kilo.

"Di pasar Cikurubuk harganya naik," kata Kasi Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Saefulloh kepada RRI, Selasa (24/5/2022).

Penyebab naiknya harga teluar lanjut Saefulloh, diisebabkan berbagai faktor. Bisa pakan, ataupun permintaan yang banyak.

"Bisa saja karena persedian telur disini tidak sebanding dengan permintaan yang ada. Tapi itu semua masih kami telusuri. Kami minta masyarakat tidak panik," ucapnya.

Sementara itu Nandang Suryana peternak ayam petelur di Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya mengaku, kenaikan harga telur sudah terjadi selama satu bulan terakhir.

"Dari hari raya sampai saat ini, harganya tetap tinggi," katanya.

Untuk di kandang lanjut Nandang, telur ayam dijual Rp. 36 ribu per kilo. Itu pun dengan stok terbatas, karena permintaan yang banyak.

"Ya sekarang musim hajatan dan bansos. Ini kan bantuannya pakai telur. Lumayan untuk peternak. Ya sekarang bisa tersenyumlah," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar