Resmikan Kreatif Center Purwakarta, Gubernur Jabar Dorong Jadi Kekuatan Ekonomi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menyerahkan bantuan sosial Rutilahu di Purwakarta.(Foto:Azis Zulkarnaen/RRI)

KBRN, Purwakarta :Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap dengan adanya gedung Kreatif Center yang berada di pusat kota Kabupaten Purwakarta, dapat membangkitkan generasi muda untuk terus berinovasi dan kreatif, terutama mendorong sektor perekonomian. 

Hal tersebut dikatakan Ridwan Kamil atau Kang Emil, saat meresmikan gedung Kreatif Center di Kabupaten Purwakarta, Jumat (28/1/2022).

Dikatakan Kang Emil,  Kabupaten Purwakarta memiliki keunggulan ekonomi yang luar biasa, terutama sektor ekonomi kreatif. Sehingga dengan adanya Kreatif Center, dapat berdampak positif bagi generasi muda yang menjadi kekuatan ekonomi khususnya di Purwakarta.

“Pertama saya pribadi sangat mencintai kabupaten purwakarta karena keunggulan-keunggulan ekonomi yang luar biasa karena itu dihadiahi sebuah tempat yaitu kreatif center. Mudah-mudahan ini akan membangkitkan generasi muda purwakarta dan sekitarnya, untuk bergabung menjadi kekuatan ekonomi khususnya di Purwakarta,”ucap Kang Emil.

Kang Emil juga mengatakan, produk industri kratif Purwakarta sangat bagus, terutama sentra industri keramik Plered. Dengan diberi sentuhan  desain bentuk yang inovatif dan kraetif, Kang Emil yakin keramik Plered Purwakarta akan alebih bagus.

“Tadi produknya saya lihat keren - keren, contohnya yang Plered tinggal disentuh desain bentuk pasti akan keren, tapi ada produksi yang biasa kita jual ke IKEA sedang di fasilitasi,”ujar Kang Emil.

Kang Emil juga mengingatkan kepada generasi muda untuk tetap menguasai ekonomi digital, green ekonomi dan   ekonomi kreatif. Tiga factor tersebut ditegaskan Kang Emil, merupakan salah rumus meraih kesuksesan masa depan.

“Ingat ada 3 rumus meraih kesuksesan masa depan,  pertama kuasai ekonomi digital, kedua kuasai hijau ketiga kuasai ekonomi kreatif. 

Tiga rumus itu cara sukses untuk generasi muda khususnya generasi Z. Tempat ini juga akan lanjutan, akan kita revitalisasi tempat bersejarah ini mungkin jadi tempat wisata sejarah tentang pembangunan Jawa Barat atau Purwakarta,”cetus dia.

Sementara itu Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada kesampatan itu menyampaikan terimakasihnya kepada pemerintah provinsi Jawa Barat, untuk pembangunan gedung Kreatif Center. Dikatakan Anne, adanya Kreatif Center sudah ditunggu oleh industri kreatif Purwakarta yang tersebar di 17 kecamatan.

“Ini akan menjadi energi dan motivasi baru bagi teman-teman. Bagi kami pemerintah daerah akan terus mengawal, apalagi dalam pasca pandemi ini untuk pemulihan  ekonomi daerah,”ucap Bupati Purwakarta.

Anne juga berharap, dengan adanya kratif center di purwakarta, dapat memacu kreatifitas industri kreatif untuk terus berkembang dan berinovasi sehingga memiliki daya saing dengan indutsrti keratif lainnya. 

Gedung kreatif Center Purwakarta dibangun sebagai upaya untuk memberikan ruang bagi para pelaku ekonomi kreatif agar dapat saling berinteraksi dan mengembangkan kreativitas. Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan dana hibah sebesar Rp.15 hingga Rp.30 miliar untuk membangun gedung tersebut.

Selain meresmikan gedung Kreatif Center, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga menyerahkan bantuan sosial Rutilahu untuk wilayah Purwakarta, Sumedang, Subang dan Kota Cimahi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar