Petani Milenal Tasikmalaya Sukses Tanam Melon, Omsetnya Puluhan Juta

"Dadan Ridwan petani milenial di Tasikmalaya sukses tanam melon dengan omzet puluhan juta rupiah," (Istimewa/ RRI)

KBRN, Tasikmalaya : Dadan Ridwan (28) petani muda dari Kota Tasikmalaya sukses menjadi petani melon dengan omzet puluhan juta rupiah.

Dadan, menyewa lahan Green House di kawasan wisata Karang Resik, untuk ditanami melon unggulan yang memiki kualitas super manis.  Sedikitnya ada 3000 an melon dengan jenis beragam, seperti Golden Melon, Adinda, Sirani, dan Sekata.

Petani milenial yang pernah magang selama 2 tahun di Jepang ini menjelaskan, karakter tanah di Indonesia lebih bagus jika dibandingkan dengan Jepang. Hanya saja, kurangnya pemahaman ilmu untuk bercocok tanam, menyebabkan petani banyak yang gagal.

"Saya bertani Melon mencoba menggunakan teknik di Jepang dengan cata pemeliharaan yang tepat, alhamdulilah hasilnya sangat memuaskan. Sampai saat ini sudah tiga kali panen, omzetnya juga alhamdulillah puluhan juta tiap panen," jelas Dadan.

"Hasilnya menjanjikan. Disini saya bandrol Rp. 25 ribu untuk melon dengan berat 1- 2 kilogram. Selain konsumsi, karena lahannya berada di tempat wisata, ini kerap menjadi tempat swafoto," ucapnya.

Sementara itu Apip, warga Mangkubumi Kota Tasikmalaya, sengaja datang langsung agar bisa merasakan panen melon.

"Iya penasaran beli melon petik sendiri. Disini juga ada edukasi mengenai tanamaan melon yang diberikan kepada pengunjung. Ini sesuatu yang berbeda," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar