Pembangunan Akses Tol BIJB Sudah Rampung 100 Persen

Jalan Tol Akses BIJB Tinggal Menunggu Diresmikan

KBRN, Subang: Pembangunan Jalan Tol Akses BandaraInternational Jawa Barat (BIJB) Kertajati, yang menghubungkan langsung dengan Jalan Tol Cipali di KM 158+700, merupakan akses pembuka konektivitasbagi wilayah Majalengka, dan sekitarnya. Kini sudah memasuki tahapfinalisasi pekerjaan.

“Pembangunan Akses BIJB Kertajati sudah rampung100 persen, mulai darikonstruksi, pembangunan Gerbang dan Kantor Gerbang Tol, jugaperambuan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimun (SPM), yang telahditetapkan oleh Kemeterian Pekerajaan Umum dan Perumahan Rakyat(PUPR). Kami berharap pengoperasian akses BIJB Kertajati ini dapatdilakukan segera setelah rampungnya Uji Laik Fungsi (ULF), dan juga Standar Layak Operasi (SLO),” terang Direktur Operasi ASTRATol Cipali Agung Prasetyo dalam Press rillis yang di terina RRI, Jumat (15/10/2021).

Agung menambahkan untuk pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajatidapat diselesaikan tepat waktu sesuai target diakhir September sepertiyang pernah disampaikan oleh Menteri PUPR saat kunjungan kelokasi diakhir Agustus lalu. 

Basuki Hadimuljono mengatakan, hasil pekerjaan bagus, dan bisa selesai tepat waktu September 2021, sehingga diharapkan pada November 2021 dapat beroperasi untuk mendukung konektifitas menuju BIJB Kertajati.

“Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan para pihak yang terlibatdalam pembangunan jalan tol ini, semoga dapat segera diresmikan, danberoperasi sesuai dengan target pada bulan November 2021. Denganadanya jalan tol akses ini dapat meningkatkan konektifitas danpengembangan daerah Jawa Barat khususnya wilayah KabupatenMajalengka,”jelasnya.

Pembangunan jalan tol ini juga merupakan salah satu dukungan ASTRA TolCipali terhadap pembangunan di wilayah sekitar. Khususnya Proyek Rebana Metropolitan yang merupakan inisiasi Pemerintah Jawa Barat dalam upayapemerataan ekonomi melalui infrastruktur.

ULF sedang dalam proses pelaksanaan oleh BadanPengatur Jalan Tol, Binamarga, Direktorat Jalan Bebas Hambatan, SubditKeselamatan, Keamanan Jalan dan Jembatan, Kementerian Perhubungan,dan Korlantas Polri, serta ASTRA Tol Cipali terbagi menjadi 3 tim yakni,Bidang Keselamatan dan Manajamen Lalu Lintas, Bidang Sarana Jalan,Jembatan dan Bangunan Pelengkap, serta Bidang Operasi dan Administrasi.

"Pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati yang tidak hanya menjadikebanggan warga Jawa Barat, namun juga ASTRA Tol Cipali yang merupakan salah satu bentuk perwujudan filosofi ASTRA, menjadi milik, dan bermanfaat bagi bangsa dan negara melalui kontribusi di wilayahsekitar ditunjukan dengan dibangunnyaI conatauland mark,  yang berada diinter change Jalan Tol Akses Kertajati. Iconatauland mark yang merupakan ciri khas Jawa Barat ini mengusungtema “Melodi Panarima” yang memiliki arti menyambut kedatangan dan mengiringi perjalanan," ujar Agung.

Diharapkannya, dengan dibangunnya land mark ini tidak hanya menjadi melodi untuk menyambut kedatangan, dan mengiringiperjalanan masyarakat khususnya pengguna jalan tol. Namun juga sebagaibentuk beautifikasi yang dapat dirasakan oleh setiap orang yang memandangnya sehingga saat berkendara di Ruas Tol Cipali menjadi salah satu pengalaman positif bagi pengguna jalan.

"Tentunya ASTRA Tol Cipali berharap dapat selalu memberikan kontribusipositif bagi masyarakat khususnya di 5 wilayah yang dilintasi oleh Tol Cipalisepanjang 116.75 Km. Yakni Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka danCirebon. Masyarakat khususnya pengguna jalan dengan mudahmendapatkan informasi terkait ASTRA Tol Cipali melalui beragam fasilitasinformasi yang dimiliki seperti Spanduk, Variabel Message Sign (VMS), sertamedia sosial yang tidak hanya berisi informasi seputar jalan tol, namun juga informasi terupdate, terkait aktivitas perusahaan yang dapat diikuti padainstagram, dan twitter@astratolcipali, serta youtube ASTRA Tol Cipali.Ataupun bagi pengguna jalan yang ingin mengetahui tarif perjalanan dapatmengakses website ASTRA Tol Cipali pada linlwww.lintasmarga.com," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00