APINDO Jabar Genjot Kinerja IKM, Solusi di Era Pandemi

KBRN, Bandung: Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan bahwa seluruh pelaku usaha harus siap dengan perubahan, terutama dalam digitalisasi.

Dikatakan dia, pertumbuhan ekonomi Indonesia harus dinikmati rakyat Indonesia.

"Indonesia adalah pasar yang sangat besar, seharusnya kita mengoptimalkan potensi lokal Indonesia,"ucap Erick Thohir di Bandung , Sabtu (9/10/2021).

Dia menyebut ada tiga poin yang perlu diperhatikan pertama adanya peta jalan sebagai acuan orientasi, program dan parameter untuk kesepakatan proses pembangunan.

Kedua rakyat dan sektor swasta pun diharapkan dapat berpihak kepada emerintah. Dengan kolaborasi yang erat, tujuan dapat lebih cepat kita capai," paparnya

Selanjutnya, gerakan mendukung produk lokal dengan cara memberi dan menggunakannya.

Ketua APINDO Jabar Ning Wahyu Astutik mengatakan, pihaknya akan menggenjot kinerja industri kecil dan menengah (IKM) di tengah terpaan global serta pandemi Covid-19.

Dikatakan Ning Wahyu Astutik mengatakan inovasi diperlukan ke depan agar kinerja dunia usaha terutama di Jabar tetap terjaga.

"Cara yang dulu membawa kita ke titik ini, akan berbeda dengan cara yang harus kita pakai untuk membawa kita ke tujuan berikutnya," ujarnya.

Dia meminta dunia usaha menyadari, menyikapi, dan menjadikan diri sebagai bagian dari perubahan yang pasti terjadi. IKM dapat menjadi solusi dari bagaimana kita menyikapi perubahan.

Menurutnya, memperkenalkan salah satu produk asli Jabar berupa minuman sari buah pala misalnya merupakan bentuk mendorong IKM.

"Apindo Jabar akan berperan aktif dan berkolaborasi dengan BUMN," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00