TP-PKK Kota Bandung Berkomitmen Bantu Menumbuhkan Perekonomian di Masa Pandemi

KBRN, Bandung: Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Bandung berkomitmen membantu menumbuhkan perekonomian masyarakat agar terciptanya Bandung yang harmonis dan sejahtera.

Salah satunya melalui program UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga).UP2K adalah program pemberdayaan ekonomi masyarakat baik yang telah memiliki usaha maupun belum. Melalui program ini masyarakat didorong agar mampu mandiri secara ekonomi.

Menurut Ketua TP-PKK Kota Bandung, Siti Muntamah mengungkapkan, UP2K mendorong setiap keluarga untuk memiliki kreativitas melalui pelatihan-pelatihan. Tak hanya itu, UP2K juga mendampingi mereka yang telah memiliki usaha agar mampu berkembang dan menembus pasar hingga ke kancah internasional.

"Seperti diberi pelatihan mencukur dan menjahit. Sekarang sedang proses pendampingan agar dia yang telah dilatih bisa mandiri untuk usaha," ujar Siti kepada wartawan, Rabu(22/09/2021).

Dalam proses pendampingan, pihak TP-PKK juga memberikan akses agar produk rumahan bisa memperoleh sertifikasi halal dan uji mutu. Sehingga produknya secara kualitas memenuhi standar. 

"Supaya produk rumahan ini memenuhi standar mutu dan kehalalan sekaligus menarik konsumen," paparnya.

Bahkan tak hanya berhenti di situ, TP-PKK juga membantu pemasaran produk-produk unggulan hasil rumahan melalui warung UP2K online yang bisa diakses di instagram @Warung_UP2K_Kota_Bandung

"Pandemi menuntut kita untuk melek teknologi. Akhirnya kita mencoba pasar online. Ternyata menarik sekali bisa menghasilkan uang dari rumah. Dan ini sudah terasa dampaknya," bebernya.

Siti mengajak setiap keluarga agar terus berupaya untuk menghadirkan keluarga yang mampu mencukupi kebutuhannya sehingga tercipta keluarga yang sejahtera.

"Dan jangan pernah ragu ketika memiliki talenta untuk bergabung bersama UP2K agar mampu meningkatkan ekonomi keluarga," katanya.

Sementara itu Ketua Pokja 2 TP-PKK Kota Bandung, Intan Nurahmi mengajak setiap keluarga yang ingin mengembangkan usahanya untuk bergabung bersama UP2K. 

Warga bisa mendaftar melalui kader di kelurahan atau mendatangi langsung kantor PKK yang bertempat di Jalan Sukabumi Dalam No 30.

"UP2K ini dikelola oleh kader di tingkat kelurahan namanya Poksus. Kegiatan nya tidak melulu kuliner, tapi bisa jasa dan lain-lain," katanya.

Lebih lanjut Intan menambahkan

, UP2K selalu berkolaborasi dengan berbagai pihak baik itu dengan perusahaan maupun perguruan tinggi.

"Alhamdulillah, kami telah bertemu dengan beberapa pihak seperti Pegadaian Syariah. Produk kita akan dijadikan hampers untuk perusahaan-perusahaan," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00