Roadshow Gerakan 1000 Startup Digital Kota Cimahi

Plt Walikota Cimahi Ngatiyana pada kegiatan Roadshow Gerakan 1000 Startup Digital Kota Cimahi (Amelia Hastuti/ RRI)

KBRN, Cimahi : Pemerintah Kota Cimahi sangat berkomitmen terhadap Gerakan Start Up Digital, dibuktikan dengan dibangunnya Cimahi Technopark dengan sarana dan prasarana yang memadai.

"Gedung ini melahirkan program inkubasi bisnis secara konsisten sejak tahun 2016, dengan melakukan pendampingan  secara bertahap terhadap kebutuhan para pelaku start up," ungkap Plt Walikota Cimahi Ngatiyana dalam sambutannya pada kegiatan Roadshow Gerakanb1000 Startup digital, melalui zoom di gedung Cimahi Technopark Jalan Baros Utama, Jum'at (17/9/2021).

Dalam acara yang turut diikuti Menteri Komunikasi dan Informatika Jonny G Plate, Ngatiana menyampaikan ucapan terima kasih karena Kementrian Kominfo, telah memilih kota Cimahi dalam kegiatan Roadshow Gerakan Startup Digital Kota Cimahi.

"Kolaborasi ini merupakan bentuk dukungan pemerintah untuk memajukan inovasi dan kreativitas, yang diharapkan  menjadi salah satu pilar untuk menjadikan kota Cimahi sebagai kota yang maju, berinovasi dan kreatif," ujar Ngatiyana.

Selain Cimahi Technopark,  Kota Cimahi juga memiliki gedung Baros Information and Technologi Creative (BITC) sebagai tempat working space dan co working space bagi para pelaku start up bidang telematika dan animasi.

"Belum lagu program makerspace digital kreatif yang semula hanya pada skala kecil dengan penghasilan antara 100 hingga 500 dollar sebulan, sekarang menjadi 8.000 sampa 10.000 dollar perbulan," imbuhnya.

Dengan berbagai program, kegiatan dan dukungan tersebut, pemerintah kota Cimahi telah mendampingi 58 startup, 46 pelaku animasi dan 5 startup microstock dari tahun 2016 hingga saat ini.

"Kami juga berhasil menghadirkan 25 tenant outwall yang saat ini berkantor di gedung BITC, yang telah merekrut tenaga kerja serta menghasilkan omzet lebih dari 45 milyar rupiah," ucapnya.

Keberhasilan itu tidak serta-merta membuat Pemerintah Kota Cimahi merasa bangga, karena menurut Ngatiyana, Pemkot Cimahi masih harus terus berupaya agar kota Cimahi dapat melahirkan starup yang dapat bersaing ditingkat nasional maupun internasional.

"Kami masih membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat dan juga sektor swasta, agar bisa melakukan pemulihan ekonomi khususnya pada sektor digital kreatif," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00