Pendapatan Pedagang Pasar Menurun Akibat Pandemi Covid-19

KBRN, Cimahi : Pemerintah Kota Cimahi kembali menetapkan protokol kesehatan dengan ketat disemua sentra ekonomi termasuk mall, swalayan dan pasar tradisional, akibat tingginya angka penyebaran Covid-19.

Seperti di Pasar Atas Cimahi di Jalan Djulaeha Karmita Kota Cimahi, Kamis, (24/6/2021) , juga diberlakukan pembatasan dan pengaturan, dengan menetapkan hanya satu pintu masuk dan satu pintu keluar yang mendapat pengawasan dari petugas pasar.

Berdasarkan pantauan  RRI,  para pembeli masuk dari arah timur dan naik melalui eskalator, setelah mencuci tangan dan pengukuran  suhu tubuh, sedang saat pulang  keluar melalui tangga darurat.

Sementara kunjungan pembeli ke pasar juga terlihat terjadi penurunan tidak padat seperti hari-hari biasa, sedang stok kebutuhan masyarakat utamanya sembako cukup tersedia.

Ibu Ai (47) Salah seorang pedagang sayuran di Pasar Atas Cimahi kepada RRI mengaku, saat ini memang terjadi penurunan pembeli akibat pandemi Covid-19 yang berdampak kepada penurunan pendapatannya, apalagi sekarang kondisi Cimahi zona merah.

"Penjualan turun karena Covid-19, apalagi sekarang Cimahi zona merah lagi. Saya berharap agar Covid-19 segera ga ada lagi supaya penjualan di pasar bisa normal lagi," ujarnya.

Sementara itu, harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Atas saat ini masih dalam kondisi normal, seperti harga ayam potong sekitar  Rp. 34 ribu  per kilogram, daging sapi Rp.120 ribu  dan telur ayam Eropa berkisar antara Rp. 23 ribu hingga Rp.24 ribu perkilogram.

Untuk sayur seperti Kol dijual seharga Rp.5 ribu  perkilogram, wortel Rp.8 ribu , kentang Dieng Rp. 17 ribu, tomat berkisar antara Rp.8 ribu  hingga Rp. 10 ribu, buncis Rp 20 ribu, bawang merah Rp.32 ribu dan bawang putih Rp 28 ribu perkilogram.

Sedang untuk harga cabe,  hari ini mengalami kenaikan dari sehari sebelumnya seperti cabe merah  dan cabe rawit merah atau cengek domba dibandrol 40 ribu rupiah atau naik 10 ribu rupiah perkilogram. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00