Kreativitas Warga Ciamis Meriahkan HUT ke -77 RI,Tampilkan Karnaval Domba Garut

Kreativitas warga dalam memeriahkan HUT RI ke-77 di Ciamis(Dok, foto istimewa)

KBRN, Ciamis: Ragam kreasi seni unik dan menarik yang ditampilkan warga Desa Cibadak, Banjarsari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dalam memeriahkan HUT ke-77 RI begitu banyak.

Penampilan kreasi seni ini pada saat sebelum dan sesudah upacara peringatan HUT RI ke-77 tingkat desa yang bertempat di lapang Pangangonan, Rabu (17/8/2022). Dari sejumlah ragam kreasi seni tersebut, yang mendapat banyak perhatian yaitu hasil kreasi dari warga RT 35 RW 08 Dusun Cibeureum.

Kreasi seni yang mereka tampilkan yaitu berupa dua ekor domba garut jantan yang terbuat dari bambu. Karnaval domba garut ini dikendalikan oleh dua orang manusia, sehingga bisa bergerak seolah domba garut betulan.

Pembuatannya pun membutuhkan waktu hampir satu minggu lebih. Karnaval domba garut warga Dusun Cibeureum secara gotong royong ini tak sia-sia. Pasalnya, kreasi seni ini mendapat penghargaan dan mendapat predikat juara satu dalam lomba kreativitas warga.

Penyelenggaranya yaitu pemdes setempat dalam rangka memperingati dan memeriahkan HUT RI ke-77.

Parman, Wakil Ketua RT 35 Dusun Cibeureum, mengatakan karnaval domba garut bagi warganya merupakan ikon tersendiri.

“Di Dusun Cibeureum ini kan terdapat pasar domba. Makanya kita buat karnaval domba garut,” katanya.

Ia bersama warga lainnya merasa bahagia dan bangga, lantaran hasil kreasi seninya mendapat juara satu.

“Alhamdulillah mendapat piagam penghargaan dan uang pembinaan dari panitia. Kami seneng sekali dan bahagia. Ini bukti kebersamaan,” ungkapnya.

Sementara tim penilai kreasi seni ini berasal dari mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) IAID (Instutut Agama Islam Darussalam) Ciamis,

“Yang kita nilai ada tiga kategori. Pertama keunikan. Kedua kerapihan, dan yang ketiga kreativitas,” kata Dadan, salah satu tim penilai.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar