Hari Jadi Kecamatan Cineam Tasikmalaya, Pusaka Peninggalan Sejarah Dipamerkan

"Kamil Badru, Juru rawat benda pusaka Desa Cineam, menunjukan benda- benda peninggalan Bupati Imbanagara," (Foto : Nova Noegraha/ RRI)

KBRN, Tasikmalaya : Sejumlah pusaka peninggalan sejarah Kabupaten Imbanagara dan Garatengah tahun 1633 - 1642, 1642 - 1678 Masehi, ditampilkan pada peringatan hari jadi Kecamatan Cineam ke 182, di lapang Yogaswara Desa Cineam, Kecamatan Cineam, Kabipaten Tasikmalaya, Sabtu (13/8/2022).

Benda bersejarah peninggalan Raden Yogaswara, yang merupakan Bupati Imbanagara yang saat ini namanya menjadi Kabupaten Ciamis ini, menjadi daya tarik tersendiri dalam rangkaian hari jadi Kecamatan Cineam.

Kamil Badru, juru rawat benda sejarah Kecamatan Cineam menjelaskan, benda - benda ini ditinggalkan Raden Yogaswara, saat singgah di Cineam.Yogaswara sendiri lanjut Kamil, singgah di Cineam untuk menyelamatkan diri dari buruan musuhnya.

"Disini bendanya jadi tidak banyak, hanya keris dan senjata seperti tombak, dan mahkota," kata Kamil kepada RRI di Cineam, Sabtu (13/8/2022).

Sementara itu, Wawan Ketua Pelaksana hari jadi Kecamatan Cineam menjelaskan, benda- benda bersejarah ini sengaja ditampilkan untuk mengingatkan kembali generasi muda, akan sejarah Cineam.

Ia juga menambahkan, benda - benda ini diharapkan menjadi daya tarik bagi masyarakat, untuk mengenal lebih dalam Cineam.

"Tidak hanya benda bersejarah, disini juga banyak situs bersejarah, yang perlu diketahui generasi muda," pungkasnya.

Sedangkan tidak hanya menampilkan benda bersejarah, rangkaian hari jadi Cineam, juga diisi berbagai pementasan kesenian, ternasuk wayang golek, yang menghadirkan dalang kondang Giri Harja III.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar