Gubernur Jabar Kukuhkan 108 Duta Pariwisata Smiling West Java Ambassador

Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil resmi mengukuhkan 108 Duta Pariwisata Smiling West Java Ambassador. Proses pengukuhan tersebut dilakukan di Plaza Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (21/6/2022).(Foto:Dok/Disparbud Jabar).

KBRN, Bandung: Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil resmi mengukuhkan 108 Duta Pariwisata Smiling West Java Ambassador. Proses pengukuhan tersebut dilakukan di Plaza Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (21/6/2022).

Program yang digagas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat ini ditujukan untuk mensosialisasikan pariwisata, budaya, serta ekonomi kreatif lewat platform media sosial dengan konsep kekinian.

Rangkaian seleksi diawali dengan pelaksanaan open call ke masyarakat yang mendapat respon positif karena jumlah pendaftar mencapai 2.032 orang. Gubernur berharap peserta yang terpilih bisa berinovasi dalam mempublikasikan konten-konten menarik.

"Cintai yang kamu kerjakan, dan kerjakan yang kamu cintai. Menurut saya, itu nikmat sekali. Jadi yang suka buat video, buat sebagus mungkin konten-kontennya. Apalagi pariwisata, kita tidak hanya bicara natural wonders saja. Tapi ada sisi-sisi yang bisa dingkat seperti kulinernya, sejarahnya, dan lain-lain," ucap Gubernur yang didampingi Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat Sumasna, Sekretaris Disparbud Jabar Andrie Kustria Wardana, serta Kepala Bidang Industri Pariwisata Disparbud Jabar Rispiaga.

Menurut Gubernur, ini langkah baru dalam mempromosikan pariwisata. Sebab pendekatan lewat dunia digital menjadi pilihan tepat karena sudah banyak masyarakat yang mengakses media sosial.

"Bentuk kreativitas yang dicurahkan oleh kalian, itu harus menjadi contoh bagi yang menontonnya. Kalau kalian sudah membuat konten, langsung saja direpost akun IG Disparbud Jabar. Nanti ukuran suksesnya di akhir tahun, ada berapa wisatawan yang datang karena lihat medsos SWJ Ambassador," tuturnya.

Secara simbolis, proses pengukuhan ditandai dengan pemasangan jaket kepada tiga perwakilan peserta yaitu Iestri Kusumah Wardhani, Adi Putra Maryana, dan Abdilla Hadi Wijaya. Selanjutnya 108 SWJ Ambassador akan mendapatkan pembekalan dan pelatihan baik dari Disparbud Jabar serta Dale Carnegie agar bisa meningkatkan kemampuan dalam berinovasi untuk menjadi agent of change pariwisata Jawa Barat.

"Program ini telah membuka kolaborasi multi pihak. Alhamdulillah terjalin kerja sama dengan Dale Carnegie yang merupakan lembaga pelatihan internasional terbesar di dunia yang bersedia melatih para SWJ Ambassador untuk penguatan soft skill yang bertujuan melatih kepercayaan diri dan interaksi sosial, serta communication skill," ujar Kadisparud Jabar.

"Mudah-mudahan dengan upaya ini SWJ Ambassador dapat menjadi agen perubahan di sektor pariwisata, sekaligus menjadi stimulus bagi pemberdaya masyarakat dan produk ekonomi kreatif yang membawa multiplier effect dan bisa mempengaruhi perkembangan sektor lain yang mendukung keberlangsungan pariwisata," tuturnya.

Tak hanya itu, dengan keberadaan SWJ Ambassador ini diharapkan mampu menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Barat demi meningkatkan transaksi ekonomi kreatif dan akhirnya mewujudkan cita-cita menuju Jabar Juara lahir batin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar