Kemenparekraf : Sertifikasi SNI Pelaku Usaha Wisata, Jaminan Keselamatan Wisatawan

KBRN, Garut : Koordinator Sertifikasi Usaha Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Mugianto, mengatakan, sertifikasi Standar Nasioal Indonesia ( SNI) bagi para pelaku jasa usaha wisata dan ekonomi kreatif termasuk UMKM didalamnya  ini, dibutuhkan agar wisatawan terjamin, terutama dari sisi keselamatan dan kesehatannnya.

"Kami berharap pemerintah daerah dapat mendorong para pelaku usaha kepariwisataan untuk memiliki sertikat SNI, sehingga pada akhirnya dapat memberikapp rasa aman dan nyaman saat berwisata,"katanya, disela sosialisasi SNI di Fave Hotel Garut, Minggu (12/6/2022).

Sementara itu, Syaiful, dari Direktorat Sistem Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, mengungkapkan, melalui Penerapan CHSE (Cleanliness-kebersihan), Health-kesehatan, Safety-keamanan, dan Environment Sustainability-kelestarian lingkungan), diharapkan dapat mendukung rencana pembukaan usaha parawisata dan ekonomi kreatif secara bertahap di pemasaran digital, sehingga dapat menggerakan kembali usaha parawisata dan ekonomi kreatif.

"Garut harus memiliki parawisata dan ekonomi kreatif yang berbasis digital dan go international," tuturnya.

"Guna mendukung itu, perlu disiapkan aplikasi untuk proses mendapatkan sertifikat CHSE, seperti halnya "Aplikasi Peduli Lindungi," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar