Nostalgia Jajanan Bandung, Wajib Coba Colenak

Colenak (Foto: Kompas)

KBRN, Bandung: Colenak atau “dicocol enak” adalah makanan khas tanah Parahyangan khususnya Bandung yang masih jadi primadona hingga saat ini. Camilan ini terbuat dari peuyeum sampeu atau tape singkong yang dibakar lalu dihidangkan dengan saus dari lelehan gula merah dicampur kelapa atau dikenal dengan unti kelapa. Seiring perkembangannya, terdapat banyak varian colenak yang dikembangkan oleh para pedagang, salah satunya yaitu rasa durian khas Bandung.

Rasanya yang manis dan legit, bagian tape singkong yang agak gosong karena terbakar merupakan salah satu bagian favorit para pecinta kuliner sederhana ini. Sejarahnya, camilan ini pertama kali diperkenalkan oleh Aki Murdi pada tahun 1930 yang berjualan di pinggir Jalan Ahmad Yani, Cicadas, No.733, Bandung.

Mengutip dari cookpad.com, berikut resep cara membuat colenak khas Bandung pagi para pecinta camilan parahyangan yang dapat membuat nostalgia.

Bahan:

- 500 gram peuyeum atau tape singkong, lumatkan lalu padatkan

-margarin secukupnya untuk memanggang

Bahan Unti Kelapa:

- 100 gram kelapa parut

- 150 gram merah, disisir

- 120 ml air

- 1/4 sdt vanili bubuk

- 1 lembar daun pandan, potong-potong - 1/3 sdt garam

Langkah:

- Lelehkan margarin di wajan anti lengket. Panggang peuyeum. Sisihkan. - Siapkan panci. Masukkan air, gula merah, daun pandan, garam, dan vanili. Rebus sampai gula larut. Angkat dan saring.

- Masukkan kelapa parut ke air gula. Masak dengan api sedang hingga airnya surut. Angkat.

- Sajikan peuyeum dengan unti kelapa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar