Final Festival Tari Jaipong Galuh Pakuan Digelar di RRI Bandung

Babak Grand Final Festival Tari Jaipong Kreasi Galuh Pakuan Cup Seri 5 Tingkat Nasional 2021

KBRN, Subang : Festival Tari Jaipong Kreasi Galuh Pakuan Cup seri V Tingkat Nasional 2021, sudah memasuki babak grand final. Festival ini digelar di Gedung Lokantara RRI Bandung, yang berlangsung sejak 7- 10 Desember 2021 

Ketua Panitia Pelaksana Festival Tari Jaipong Kreasi Galuh Pakuan Cup Seri V  Noviyanti Maulani mengungkapkan, dari 1935 total peserta dengan jumlah penari 2853 orang dari seluruh Indonesia. Menyisakan 105 finalis dengan total 250 penari.

para finalis ini akan memperebutkan hadiah total Rp. 200 juta, ditambah sertifikat, dan paila bergilir dari Kemenkominfo, Kemendikbud, RRI, dan Raja Galuh Pakuan, serta sejumlah piala tetap.

"Alhamdulillah, tidak terasa festival ini sudah memasuki babak grand final. Festival sudah berjalan sejak pendaftaran di bulan September hingga penyisihan di November 2021," ujar Noviyanti kepada RRI di Bandung, Selasa (7/12/2021).

Noviyanti menyebutkan, di babal grand final ini, mempertandingkan katagori Tunggal Pemula (TP) dengan jumlah 16 finalis. Kemudian katagori Tunggal Kadet (TK) jumlah peserta 30 finalis. Selanjutnya kategori Tunggal Junior (TJ) 30 finalis, kategori Tunggal Senior (TS) sebanyak 10 finalis, dan kategori Grup Junior (GJ) atau Rampak Junior jumlahnya 10 finalis, serta kategori Grup Senior (GS), atau Rampak Senior dengan jumlah finalis 10.

"Babak grand final ini, akan berlangsung selama 4 hari, mereka akan berkompetisi untuk meraih yang terbaik pertama hingga harapan ketiga dari masing-masing kategori," terangnya.

Babak grand final yang diselenggaran di Auditorium, atau Gedung Lokantara RRI Bandung lanjut Noviyanti, selain lebih menggaungkan Festival Tari Jaipong Kreasi Galuh Pakuan Cup, juga tempatnya yang representatif bagi panitia maupun peserta, sekaligus menjadi kebanggaan bagi warga Jawa Barat.

"Sebelum-sebelumnya babak grand final festival tari jaipong kreasi galuh pakuan ini kami gelar di Subang. Tetapi kali ini karena selain kami bekerjasama dengan RRI Bandung, juga untuk lebih menggaungkan nilai-nilai tradisi dari festival ini," pungkas Noviyanti.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar