Belajar Sambil Wisata Virtual di Museum Pendidikan Nasional

Museum Pendidikan Nasional (UPI) Bandung. (Foto: Istimewa)

KBRN, Bandung: Sejumlah sektor wisata wilayah Bandung terkena dampak dari PPKM Darurat yang diperpanjang hingga 2 Agustus 2021 menjadi Level 4. Namun, tidak bagi Museum Pendidikan Nasional (Mupenas). Kegiatan pendidikan di museum tersebut masih berjalan selama PPKM.

Deviani, edukator Museum Pendidikan Nasional (UPI) Bandung, menyebut pihaknya menyediakan layanan virtual tour untuk menyiasati situasi saat ini. Pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000 per orang.

“Virtual tour kami buka dengan tetap menyajikan konten yang interaktif. Sahabat museum dapat melakukan pendaftaran melalui akun instagram kami di @museumdiknas. Tiketnya hanya sebesar Rp. 10.000 dan pengunjung dapat belajar secara virtual melalui beragam koleksi kami yang akan disiarkan melalui platform ZOOM Meeting atau Google Meet,” jelas Devi saat Live IG bersama Tourist Information Center (TIC) Bandung, Kamis (29/7/2021).

Penyelenggaraan jadwal virtual tour-nya bersifat fleksibel disesuaikan dengan permintaan pengunjung sehingga belum ada jadwal rutin. Fasilitas yang didapat selain beragam konten yang menarik, pengunjung juga akan mendapatkan LKS sebagai bahan pembelajaran yang dapat diisi.

Mengusung ‘Modern Museum’ dan ‘Ruang pendidikan yang berkelanjutan’, banyak sekolah yang bekerja sama dengan Mupenas. Selain itu, bentuk kerja sama juga dilakukan dengan berbagai pihak swasta hingga Kemendikbud yaitu program Kampus Mengajar.

Setiap tahunnya, Mupenas selalu mengadakan revitalisasi berupa evaluasi konten, perbaikan fasilitas dan evaluasi koleksi museum. 

“Sebagai bentuk revitalisasi tahun ini, kami akan mempersiapkan fasilitas baru berupa edu-experience dan planetarium pada bulan Oktober 2021,” tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00