Gelontorkan Satu Miliar, Pemkot Bandung Tambah Taman Sister City

KBRN, Bandung: Taman tematik di Kota Bandung bakal bertambah pada 2022. Dalam laman lpse.go.id, tercantum tender pembangunan Taman Sister City dengan harga perkiraan sendiri (HPS) hampir Rp 1 miliar. 

Terkait hal tersebut Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Bandung Rizki Kusrulyadi menuturkan, konsep taman itu menghadirkan tugu-tugu Sister City Kota Bandung dengan kota di luar negeri dalam satu lokasi.

"Tanpa membongkar tugu-tugu sister city yang ada saat ini. Nanti, kami mereplikasi tugu-tugu Sister City yang ada titik masing-masing," ujar Rizki kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Selasa (9/8/2022).

Di utarakan Rizki, terdapat empat tugu Sister City di Kota Bandung. Tiap-tiap tugu menyimbolkan jalinan kota kembar Kota Bandung dengan kota lain, seperti Braunschweig Jerman, Liuzhou Tiongkok, Suwon Korea Selatan, Forth Worth Amerika Serikat. 

Dikatakannya, bakal terdapat keterangan atau informasi sejarah atas ikatan kota kembar (Sister City) antara Kota Bandung, dengan tiap-tiap kota tersebut. Hal itu bermaksud menghadirkan ruang edukasi bagi masyarakat. 

Proses pembangunan Taman Sister City, memerlukan anggaran besar. Adapun tender yang tercantum dan LPSE Kota Bandung, untuk pengerjaan tahap pertama. 

"Taman itu bakal dibangun di atas lahan sekitar 1.000 meter persegi di Jalan Seram. Pengerjaan pada tahun ini untuk tahap pertama, satu segmen saja, yang menghadap ke arah Jalan Riau," ucapnya. 

Rizky menambahkan, pihaknya menjumpai tantangan dalam menyusun desain taman. Pada lokasi itu, terdapat saluran pembuangan dengan bau tak sedap. 

" Solusi yang mengemuka sementara, pihaknya bakal turut memperbaiki saluran tersebut," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar