Bandung Jadi Kota Angklung

KBRN,Bandung: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung secara resmi telah mendeklarasikan Kota Bandung sebagai Kota Angklung.

Wali Kota Bandung, Yana mengungkapkan adanya pendeklarasian  ini, agar kesenian musik angklung nantinya dapat diterima oleh seluruh kelompok masyarakat termasuk dunia. 

"Berharap Pemerintah Kota tidak biasa sendiri, tentunya kepada para seniman, budayawan, pencinta angklung untuk sama-sama terus buka sekedar melestarikan tapi terus berinovasi, berekreasi bagaimana angklung itu bisa semakin diterima oleh seluruh kelompok masyarakat termasuk dunia," ujar Yana kepada wartawan, seusai mendeklarasikan Bandung Kota Angklung di Balai Kota Bandung, Sabtu (21/05/2022).

Selain itu, Yana menegaskan, bahwa pihaknya juga akan mensosialisasikan kepada semua kalangan masyarakat, dan akan menerapkan sebagai mata pelajaran Ekstra Kurikuler di Sekolah.

"Tentunya entah itu nanti ekskul di sekolah-sekolah selam ini juga sudah, tapi terus semakin disosialisasikan ke semua kalangan. Karena ini (Angklung) juga bagian dari kebudayaan kota Bandung," ucapnya

Dengan adanya deklarasi ini, hal tersebut dilakukan sekaligus melakukan pengukuhan kepada alat musik angklung merupakan asli dari Kota Bandung.

Yana menambahakan, alat musik tradisional tersebut sempat di klaim oleh beberapa negara termasuk negara tetangga.

"Iya (sekaligus melakukan pengukuhan), dan memang faktanya catatan sejarah (alat musik angklung) memang dari Bandung. Dam kelihatannya Kota Bandung lebih masif memperkenalkan, memainkan, membudayakan angklung," tandasnya.

Deklarasi Kota Bandung kota angklung di ikuti 300 pegiat angklung tampil dalam acara deklarasi tersebut. Mulai dari pegiat angklung tingkat SD, SMP, SMA, Kabumi UPI, dan Saung Angklung Udjo.

Selain itu, ditampilkan pula Si Bitung sebagai maskot Bandung Kota Angklung. Lalu di penghujung acara, ada interaktif angklung dan juga penampilan seluruh artis pada deklarasi ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar