Flyover Kopo Mulai Diujicoba Dilintasi Kendaraan

Kepala Bidang (Kabid) Keamanan dan Ketertiban Transportasi (KKT) Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara.(Foto:Atep Burhanudin/RRI).

KBRN,Bandung: Flyover atau jembatan layang Kopo di Jalan Bypass Soekarno Hatta, Kota Bandung mulai diujicoba terhitung Kamis (19 Mei 2022) hingga satu pekan ke depan. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kondisi jalan dan memastikan apakah terdapat kendala. 

"Itu (flyover) dalam rangka uji coba satu pekan dari Polsek Bojongloa Kidul," ujar Kepala Bidang (Kabid) Keamanan dan Ketertiban Transportasi (KKT) Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara kepada wartawan, Kamis (19/5/2022). 

Asep mengutarakan uji coba flyover Kopo dilintasi kendaraan untuk dua arah yaitu kendaraan dari arah timur seperti dari Cibiru, Cileunyi menuju ke barat ke Bandung dan Cimahi dan sebaliknya kendaraan dari arah barat ke timur. 

"Dua arah (uji cobanya)," katanya. Ia mengatakan uji coba flyover Kopo hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu dan tidak tiap hari. 

Ia mengatakan uji coba dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi friksi antara ban dengan jalan. Termasuk apabila kendaraan tengah berjalan menurun dari flyover mengalami kendala. 

"Uji coba dalam rangka satu apakah friksi antara ban dengan jalan bagaimana. Dua bilamana ada turunan ada kendala gak,"  Belum diperoleh sebab masih berlangsung untuk satu pekan ke depan," ucapnya.

Dikatakan Asep, pembangunan Flyover Kopo sudah mencapai 90 persen lebih dan hanya tersisa pemasangan penerangan jalan umum dan rambu-rambu. 

Sementara itu Wali Kota Bandung Yana Mulyana berharap keberadaan flyover Kopo dapat mengurangi kemacetan yang sering terjadi di Jalan Bypass Soekarno Hatta," Ke depan pihaknya tengah merencanakan pembangunan Flyover di Kiaracondong," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar