Pemkot Bandung Targetkan 2023 Tak Ada Lagi Kabel di Udara

KBRN, Bandung: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan mulai menurunkan kabel di udara ke bawah tanah. Targetnya, pada tahun 2023 mendatang tidak ada lagi kabel menjuntai di sejumlah kawasan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan Grounding kabel merupakan proses pembuatan jalur kabel tersendiri yang dipasang pada instalasi rumah menuju titik pertanahan (bumi). 

"Grounding ini tujuannya agar Kota Bandung bisa lebih rapi lagi. Tidak ada kabel-kabel yang menjuntai seperti ini. Semuanya sudah kita instalansi di bawah tanah," Ema saat menyusuri ruas Jalan Juanda dan Jalan Riau untuk melihat proses grounding kabel, jumat(28/01/2022).

Dalam waktu dekat ini, Ema mengutarakan, grounding kabel akan dimulai di sepanjang ruas Jalan Juanda. Pemkot Bandung akan membenahi di empat titik instalansi.

"Rencananya ini akan kita selesaikan Jumat pekan depan, 4 Februari. Koordinatornya dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung. Nanti juga kita akan koordinasikan bersama instansi terkait," ucapnya.

Sampai saat ini, persiapan yang telah dilakukan yakni pembuatan manhole atau saluran khusus jalur kabel bawah tanah di ruas Jalan Juanda. Setelah ini, langkah berikutnya adalah perapian kabel di Jalan Riau dan Ahmad Yani.

"Sekarang kita selesaikan dulu yang Jalan Juanda. Setelah itu, kita benahi yang lainnya. Rencananya, tiang-tiang kabel di Jalan Tamblong pun akan kita rapikan, sinergi dengan target 2023," ucapnya.

Sementara itu Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan Ahmad Briliyana menuturkan, target besar ini akan dijabarkan menjadi target-target kecil yang bisa dilakukan dalam jangka pendek.

"Untuk sekarang, hanya kabel fiber optik telekomunikasi yang kita proyeksikan masuk ke manhole. Untuk kabel listrik, kami akan koordinasikan lebih lanjut bersama PLN pada Senin depan," ungkapnya.

Hal senada di ungkapkan, Kepala DPU Didi Ruswandi, menjelaskan penurunan kabel telekomunikasi telah dikoordinasikan bersama Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel).

"Tentu targetnya semua kabel di 13 ruas jalan Kota Bandung bisa kita grounding ya. Senin depan akan kami koordinasikan dengan PLN. Sebab perlu kita buatkan skema efektif juga tentang pemadaman listrik agar meminimalisasi kerugian yang terjadi," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar