2 Rumah Rusak, Ngatiyana: Waspada Cuaca Tak Menentu

Supriyatna menunjukkan dinding dapur yang jebol diterjang air dan tanah di Citeureup (Foto:Amelia Hastuti/RRI)

KBRN , Cimahi : Plt Walikota Cimahi Ngatiyana mengaku, pihaknya masih mendata rumah yang rusak akibat hujan dan angin kencang yang melanda kawasan Cimahi Selasa (21/9/2021). petang. Hal itu disampaikannya terkait dengan dua unit rumah rusak yang terjadi di Cimahi Utara.

"Untuk jumlah rumah yang rusak belum dilaporkan semua, masih dicek. Memang kemarin hujan terjadi cukup besar. Nanti akan diurus oleh BPBD, mohon waktu," kata Ngatiyana, ketika dikonfirmasi di Cimahi Technopark Rabu (22/9/2021).

Pada kesempatan itu, Ngatiyana menghimbau masyarakat hati-hati dan waspada ditengah kondisi cuaca saat ini.

"Waspada ditengah musim yang tidak menentu, kadang hujan deras tiba-tiba, angin kencang, kadang panas. Ditengah cuaca yang ekstrim ini bisa menimbulkan masalah dampak bencana," ucapnya.

Ngatiyana juga meminta masyarakat untuk  memperhatikan bangunan sekeliling serta lingkungan. "Jaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan, semoga kita terhindar dari bencana," pungkasnya.

Sementara itu, Pembersihan rumah rusak sore tadi masih terus dilakukan namun belum bisa dihuni kembali. Kerusakan diantaranya dialami rumah kontrakan yang dindingnya jebol di RT 6 RW 3 Gg. Alpakah Jalan Kamarung Kel. Citeureup Kec. Cimahi Utara. 

Sebelumnya, rumah kontrakan yang dihuni Supriyatna (35) beserta istri dan seorang anak, mengalami dinding jebol diarea dapur  terdorong air dan tanah akibat hujan deras yang melanda kawasan tersebut. 

"Kejadiannya saat hujan deras. Air langsung menjebol tembok dapur hingga masuk ke dalam rumah semua, sehingga kami mengontrak rumah lain untuk tempat tinggal," ujarnya.

Menurut Supriyatna, sudah ada bantuan bencana dari kelurahan, Tagana dan  BPBD, namun ia juga berharap adanya bantuan dari pemerintah kota Cimahi.

Kerusakan rumah akibat hujan deras turut dialami warga di RW 18 Kelurahan Padasuka Kec. Cimahi Tengah. Atap rumah ambruk ke bagian tengah rumah, beruntung saat kejadian tidak menimpa penghuni rumah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00