Olahraga Saat Berpuasa, Kenapa Tidak ?

KBRN, Bandar Lampung : Olahraga merupakan aktivitas penyeimbang supaya hidup lebih sehat. Selama berpuasa Ramadan, banyak orang yang ragu untuk melakukan aktivitas ini. Wajar, aktivitas ini cukup menguras energi. Padahal olahraga saat puasa sama-sama memiliki manfaat yang juga baik untuk kesehatan.

Dirangkum RRI dari beberapa sumber, berikut keunggulan olahraga saat berpuasa yang sayang jika dilewatkan.

Pertama detoksifikasi. Detoksifikasi atau pengeluaran racun pada tubuh akan berjalan dengan baik jika sistem pencernaan pada tubuh berjalan dengan baik. Dengan berolahraga kita akan mengoptimalkan sirkulasi darah dan fungsi kelenjar getah bening.

Puasa sehat artinya kita mengistirahatkan seluruh organ pencernaan pada tubuh kita, tetapi saat berolahraga, fungsi organ pencernaan akan berfungsi normal seperti biasa. Sehingga, detoksifikasi pada tubuh akan tetap berjalan dengan normal.

Kedua, mempertahankan masa otot. Saat menjalankan ibadah puasa dan kita tidak melakukan apa-apa, ternyata bisa membuat otot menjadi kendur. Salah satu cara untuk tetap mempertahankan massa otot adalah tetap berolahraga meskipun sedang menjalani ibadah puasa.

Kita bisa melakukan olahraga pada sore hari menjelang berbuka puasa. Kita juga bisa melakukan latihan yang ringan seperti kardio.

Ketiga, mempertahankan sistem imun. Sebuah penelitian melaporkan bahwa konsentrasi immunoglobulin G dan immunoglobulin A sebagai penyusun sistem imun mengalami penurunan selama bulan puasa. Namun, kadarnya masih tetap dalam kisaran normal.

Meski sistem imun  tidak menurun drastis, kebiasaan buruk selama berpuasa tentu bisa membuat kita mudah sakit. Nah, ketika itulah menjalankan olahraga saat puasa bisa membawa manfaat yang baik.

Olahraga diakui dapat meningkatkan sistem imun sehingga membuat tubuh jadi lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab infeksi.

Keempat, membantu mengendalikan dan menurunkan berat badan. Selain meningkatkan sistem imun, olahraga saat puasa juga memberikan manfaat pada berat badan. Selama berpuasa, kebutuhan energi yang berasal dari glukosa sangat terbatas.

Kondisi ini membuat tubuh mengalihkan bahan bakar energi pada lemak ketika berolahraga. Berkurangnya jumlah lemak pada tubuh inilah yang bisa membantu kita menurunkan berat badan.

Puasa sebaiknya tidak menghalangi kita untuk tetap produktif melakukan olahraga. Tetap lakukan olahraga karena manfaatnya yang cukup banyak bagi kesehatan. Namun ingat, lakukan olahraga yang ringan dan jangan terlalu memaksakan tubuh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00