Pemprov Siapkan Proses Pelantikan Empat Kepala Daerah di Lampung

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Lampung, Qodratul Ikhwan/Foto: Net

KBRN, Bandarlampung: Pemerintah Provinsi Lampung tengah bersiap menggelar pelantikan dan mengambil sumpah jabatan Bupati / Walikota dan Wakil Bupati / Wakil Walikota di empat kabupaten / kota masa jabatan 2021-2024. Pelantikan rencananya dilakukan pada 17 Februari 2021 mendatang.

"Kita sudah siap mempersiapkan dan mengambil sumpah untuk kepala daerah terpilih hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 9 Desember 2020," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Provinsi Lampung, Qodratul Ikhwan, Minggu (24/1/2021).

Dia menjelaskan, ada empat kabupaten / kota yang sedang dipersiapkan proses pelantikannya yakni Metro, Kabupaten Pesawaran, Lampung Timur dan Kabupaten Way Kanan.

"Empat kepala daerah terpilih itu, rencananya akan dilantik pada 17 Februari 2021, karena tidak ada sengketa hukum baik di Mahkamah Konstitusi maupun Mahkamah Agung," tandasnya.

Qodratul Ikhwan langsung menambahkan, sesuai data dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, akhir masa jabatan (AMJ) Kepala Daerah di Kota Bandarlampung, Metro, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Tengah, Kabupaten Way Kanan, Pesisir Barat dan Kabupaten Pesawaran akan habis pada 17 Februari 2021 mendatang.

Namun dari delapan daerah itu, empat di antaranya telah ditetapkan sebagai Bupati / Walikota dan Wakil Bupati / Wakil Walikota, yakni Dawam Rahardjo-Azwar Hadi, di Kabupaten Lampung Timur, Raden Adipati Surya-Ali Rahman di Kabupaten Way Kanan, Dendi Ramadhona Kaligis-S. Marzuki, Kabupaten Pesawaran, dan Wahdi-Qomaru Zaman, di Kota Metro.

Sementara itu lanjutnya, empat daerah lainnya masih harus menunggu proses hukum di MK dan MA, yang saat ini sedang berjalan.

"Namun jika sampai 17 Februari proses hukum di empat daerah itu belum juga selesai, kami akan siapkan Pejabat Sementara (Pjs) untuk menjalankan roda pemerintahan. Roda pemerintahan tidak boleh kosong," pungkas Qodratul Ikhwan.

Meskipun demikian, Qodratul memastikan, nama-nama calon Pjs belum disiapkan, karena pemerintah masih harus menunggu keputusan resmi dari MK dan MA, serta berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00