Hari Ini, Tiga Calonkada Terpilih Ditetapkan KPU

Ketua KPU Lampung, Erwan Bustami/Foto: dok

KBRN, Bandarlampun : Tiga calon kepala daerah (Calonkada) terpilih hasil Pilkada 9 Desember 2020 ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini, Kamis (21/1/2021). Tiga calonkada terpilih itu masing-masing di Kabupaten Lampung Timur, Kota Metro, dan Kabupaten Way Kanan. Sedangkan penetapan calonkada terpilih di Kabupaten Pesawaran akan dilakukan Jumat (22/1/2021) besok.

“Jadwal ini ditetapkan setelah KPU Provinsi dan kabupaten/kota menerima surat edaran dari KPU RI perihal penetapan pasangan calon terpilih pemilihan serentak tahun 2020,” kata Ketua KPU Lampung Erwan Bustami, Kamis (21/1/2021).

Menurutnya, KPU di empat kabupaten/kota dari delapan yang menyelenggarakan Pilkada, yakni Kabupaten Pesawaran, Way Kanan, Kabupaten Lampung Timur, dan Kota Metro, tidak memiliki sengketa Perselisihan Hasil Pilkada (PHP) di Mahkamah konstitusi (MK).

“Karena di empat daerah tersebut tidak ada sengketa di MK, maka KPU kabupaten/kota bisa melakukan penetapan calon terpilih melalui rapat pleno,” jelasnya.

Dia menegaskan, berdasarkan jadwal, hari ini tiga calonkada terpilih hasil Pilkada 9 Desember 2020 akan ditetapkan oleh KPU.

“Empat daerah itu, Kabupaten Lampung Timur, Kota Metro, dan Kabupaten Way Kanan. Sedangkan penetapan calonkada terpilih di Kabupaten Pesawaran akan dilakukan oleh KPU pada Jumat (22/1/2021),” pungkas Erwan Bustami.

Koordinator Divisi Hukum KPU Lampung M. Tio Aliansyah  mengatakan, untuk penetapan calonkada terpilih di KPU kabupaten/kota yang sedang bersengketa di MK, dilakukan paling lama lima hari setelah penetapan putusan dismissal (tidak berlanjut) atau putusan MK diterima oleh KPU.

Namun, jika ada putusan dismissal, maka harus menunggu putusan MK, dan hasilnya akan disampaikan kembali ke KPU RI dan ke KPU kabupaten/kota.

Selanjutnya KPU, baru akan melakukan rapat pleno penetapan terhadap calonkada terpilih. Berdasarkan tahapan, sidang pembacaan putusan di MK baru akan berakhir sekitar pertengahan Maret mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00